KUASA/PENGETAHUAN DALAM WACANA BERITA PEMBANGUNAN PAPUA: Genealogi Foucauldian atas Berita Pembangunan Papua di Detik.com pada Masa Pemerintahan Presiden Joko Widodo (2014-2017)

CHANUTOMO, JUDITH NOORYANI (2018) KUASA/PENGETAHUAN DALAM WACANA BERITA PEMBANGUNAN PAPUA: Genealogi Foucauldian atas Berita Pembangunan Papua di Detik.com pada Masa Pemerintahan Presiden Joko Widodo (2014-2017). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04855.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Studi ini mengkaji kelindan kuasa/pengetahuan dalam wacana berita pembangunan Papua di detik.com pada tiga tahun masa pemerintahan Joko Widodo. Di dalam studi ini, pembangunan digunakan sebagai pintu masuk untuk memahami permasalahan Papua. Kacamata yang digunakan dalam analisis adalah pendekatan diskursif Foucauldian, dengan konsekuensi metodologis berupa penggunaan analisis wacana genealogis sebagai metodenya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa secara garis besar, wacana berita pembangunan Papua mencipta pengetahuan mengenai tiga objek, yakni: (1) pembangunan; (2) Papua, dan; (3) subjek-subjek. Hasil analisis menunjukkan bahwa wacana pembangunan Papua disusun bukan saja untuk melegitimasi kehadiran pembangunan di Papua beserta aktivitas subjek-subjek pelakunya, tetapi juga disusun sebagai reaksi atas wacana-wacana oposisinya, yakni wacana Hak Asasi Manusia (HAM) dan wacana separatisme.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: wacana, pembangunan, Papua, kuasa, pengetahuan, genealogi, Foucault
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Mar 2019 02:54
Last Modified: 08 Mar 2019 02:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17349

Actions (login required)

View Item View Item