PROSES INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION PADA BRAND BIJAK JAWA (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Proses Integrated Marketing Communication pada Brand Bijak Jawadi Mbejo Store Yogyakarta)

PUTRO, AMIN SABIATKO (2018) PROSES INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION PADA BRAND BIJAK JAWA (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Proses Integrated Marketing Communication pada Brand Bijak Jawadi Mbejo Store Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04509.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses integrated marketing communication (IMC) pada brand Bijak Jawa oleh Mbejo Store Yogyakarta (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Proses Integrated Marketing Communication pada Brand Bijak Jawa di Mbejo Store Yogyakarta). Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses integrated marketing communication pada brand Bijak Jawa oleh Mbejo Store Yogyakarta. Berdasarkan hasil wawancara, studi dokumentasi dan analisis yang telah dilakukan, didapatkan hasil jika Bijak Jawa melakukan pengintegrasian komunikasi pemasarannya dengan tahapan-tahapan perancangan, pelaksanaan dan evaluasi. Perancangan dilakukan dengan penentuan target konsumen, tujuan komunikasi, analisis SWOT, penetuan media dan anggarannya serta mengembangkan program komunikasi pemasaran. Pada pelaksanaan, rencanarencana yang telah disusun diaplikasikan di lapangan dengan pengontrolan dari pemilik brand Bijak Jawa dan kepala divisi marketing. Evaluasi yang telah dilakukan menghasilkan temuan jika pelaksanaan komunikasi pemasaran brand Bijak Jawa telah sesuai dengan perancangan sehingga pada pelaksanaan selanjutnya tidak perlu merubah perencanaan. Pada sisi komunikasi pemasarannya, Bijak Jawa telah berhasil melakukan pengintegrasian pada media-media yang digunakan. Hal ini dapat dilihat dari kekonsistensian pesan yang dibuat dan disebarkan yaitu pelestarian dan pengenalan kebudayaan Jawa dengan menggunakan kata-kata kalimat Jawa yang humoris. Hal lain mengenai IMC yang dilakukan adalah memadukan media komunikasi pemasarannya yang beragam antara tradisional dan digital, antara lain adalah billboard, radio, sponsorship event, diskon dan personal selling, sedangkan media digital yang digunakan adalah media interaktif seperti instagram, Whatsapp dan website. Media-media tersebut digunakan untuk menggiring target konsumen agar membeli produk kaos Bijak Jawa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: integrated marketing communication, IMC, Bijak Jawa, Mbejo Store
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Mar 2019 03:43
Last Modified: 08 Mar 2019 03:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17373

Actions (login required)

View Item View Item