Faktor Komunikasi yang Mendasari Khalayak Dalam Proses Pengambilan Keputusan Penggunaan Produk Jasa pada Layanan Sewa Mobil Start Garage di Yogyakarta

MAHAYOGI, I DEWA GEDE KHRISNANDYA (2018) Faktor Komunikasi yang Mendasari Khalayak Dalam Proses Pengambilan Keputusan Penggunaan Produk Jasa pada Layanan Sewa Mobil Start Garage di Yogyakarta. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04323.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sewa mobil Start Garage sebagai salah satu jasa layanan sewa mobil di Yogyakarta menyediakan berbagai macam mobil untuk berbagai macam kebutuhan bagi orang yang ingin berkendara. Kualitas pelayanan bertujuan untuk memberikan rasa puas terhadap pelanggan dan dapat memiliki daya saing dibandingkan kompetitor. Selain kualitas pelayanan faktor perilaku konsumen juga berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, apalagi di Yogyakarta sendiri merupakan kota pelajar dan kota pariwisata yang menjadi tempat tujuan pariwisata dengan berbagai macam budaya yang ada, sehingga memiliki ragam pola perilaku yang berbeda pula. Hal tersebut merupakan salah satu faktor utama yang harus diperhatikan khususnya bagi penyedia jasa layanan sewa mobil dalam meningkatkan kepuasan konsumen adalah kualitas pelayanan untuk mempengaruhi khalayak atau konsumen dalam proses pengambilan keputusan. Peneliti mengkaji dari sisi komunikasi dengan cara melihat factor-faktor yang mempengaruhi khalayak dalam proses pengambilan keputusan pada produk jasa. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara. Subyek penelitian ini tiga orang yang merupakan pengguna dari jasa layanan sewa mobil Start Garage di Yogyakarta. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Menggunakan jasa layanan sewa mobil merupakan hal yang biasa mereka lakukan untuk memenuhi kebutuhan transportasi, sehingga pelanggan harus pandai memilih jasa layanan sewa mobil yang sesuai dengan fasilitas yang mendukung kenyamanan dalam berkendara. Oleh karena itu disonansi yang dialami seseorang tentu saja akan mempengaruhinya dalam mengambil sebuah pengambilan keputusan. Berdasarkan hasil dari wawancra ini, faktor-faktor yang mempengaruhi adalah faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: faktor-faktor, proses pengambilan keputusan, produk jasa, Start Garage.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Mar 2019 03:46
Last Modified: 08 Mar 2019 03:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17375

Actions (login required)

View Item View Item