PERSEPSI FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM TENTANG BELA DIRI MUAYTHAI (Studi Deskriptif Kuantitatif Persepsi Followers Akun Instagram @Nataputra_Muaythai_Camp tentang Bela Diri Muaythai di Nataputra Muaythai Camp)

Putri, Bernadeta Sekar Diorita Hani (2018) PERSEPSI FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM TENTANG BELA DIRI MUAYTHAI (Studi Deskriptif Kuantitatif Persepsi Followers Akun Instagram @Nataputra_Muaythai_Camp tentang Bela Diri Muaythai di Nataputra Muaythai Camp). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04491.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Followers Akun Instagram Tentang Bela Diri Muaythai. Masalah dalam penelitian ini bagaimana persepsi followers Instagram @nataputra_muaythai_camp terhadap bela diri Muaythai di Nataputra Muaythai Camp, sehingga teori yang digunakan adalah komunikasi, komunikasi pemasaran, media sosial, dan persepsi. Persepsi yang diartikan sebagai proses yang digunakan individu untuk memilih, mengorganisasi, dan mengitrepetasi sesuatu berdasarkan informasi yang didapatkan guna menciptakan gambaran tentang suatu hal tersebut (Kotler, 2005:216) diteliti untuk diketahui positif atau negatif persepsi (Irwanto, 2002:71) yang muncul pada followers akun Instagram Nataputra Muaythai Camp. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei, di mana penulis membagikan kuesioner kepada sample yang dipilih yakni sejumlah 88 responden yang merupakan followers dari akun Instagram Nataputra Muaythai Camp @nataputra_muaythai_camp). Hipotesis yang diajukan adalah terdapat persepsi positif atau negatif pada followers akun Instagram @nataputra_muaythai_camp tentang Muaythai di Nataputra Muaythai Camp. Teknik pengukuran data yang digunakan adalah skala Likert, sedangkan analisis data yang digunakan adalah uji presentase. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas seluruh instrumen variabel persepsi dinyatakan valid dan reliabel. Data yang ditemukan menunjukkan sebanyak 50 responden berada di kelompok sedang, 20 responden tinggi dan 18 responden berada di kelompok rendah. Nilai ini menunjukkan jika sebanyak 56,8% followers Instagram @nataputra_muaythai_camp didominasi oleh kelompok yang memiliki nilai persepsi sedang. Hasil uji persentase menunjukkan nilai persentase sebesar 19,15%. Pengambilan keputusannya H1 ditolak dan H0 diterima sehinga menunjukkan terdapat persepsi negatif pada followers akun Instagram @nataputra_muaythai_camp tentang Muaythai di Nataputra Muaythai Camp. Kesimpulan dari penelitian ini adalah followers dari akun Instagram @nataputra_muaythai_camp memiliki persepsi yang tidak baik, sehingga kesimpulan yang diambil adalah terdapat persepsi negatif pada followers akun Instagram @nataputra_muaythai_camp tentang Muaythai di Nataputra Muaythai Camp. Penulis mengharapkan penelitian ini bisa dijadikan acuan dalam perancangan strategi komunikasi berkaitan dengan persepsi dengan tujuan menciptakan atau meningkatkan persepsi pada target market yang dituju khususnya melalui media Instagram. Selain itu penelitian selanjutnya diharap menggunakan media vehicle selain Instagram, sehingga diketahui hal manakah yang lebih efektif dalam upaya meningkatkan minat beli.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: persepsi, Muaythai, followers, Instagram, media sosial
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Mar 2019 03:53
Last Modified: 08 Mar 2019 03:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17377

Actions (login required)

View Item View Item