DAMPAK KETERGANTUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PERKEMBANGAN INFORMASI (Studi Deskriptif Kualitatif Dampak Ketergantungan Penggunaan Instagram pada Efek Kognitif, Afektif dan Behavioral dalam Memenuhi Kebutuhan Perkembangan Informasi pada Siswa SMA Negeri 1 Depok)

Tumalang, Ranny Vanessa (2018) DAMPAK KETERGANTUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PERKEMBANGAN INFORMASI (Studi Deskriptif Kualitatif Dampak Ketergantungan Penggunaan Instagram pada Efek Kognitif, Afektif dan Behavioral dalam Memenuhi Kebutuhan Perkembangan Informasi pada Siswa SMA Negeri 1 Depok). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04530.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul dampak ketergantungan penggunaan media sosial dalam memenuhi kebutuhan perkembangan informasi (studi deskriptif kualitatif dampak ketergantungan penggunaan instagram pada efek kognitif, afektif dan behavioral dalam memenuhi kebutuhan informasi pada siswa sma negeri 1 depok). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak ketergantungan penggunaan instagram dalam memenuhi kebutuhan informasi pada siswa sma negeri 1 depok dengan menggunakan Dependency Theory. Teori ini mengatakan bahwa jika media berhasil mempengaruhi masyarakat, hal itu karena media memenuhi kebutuhan masyarakat. Penelitian ini dilakukan dalam 2 kali wawancara kepada siswa SMA Negeri 1 Depok. Pertama bagi mereka yang tinggal bersama di asrama dan yang kedua bagi mereka yang tinggal bersama dengan keluarga. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik wawancara serta dokumentasi untuk mengumpulkan data. Dalam penelitian ini, terdapat 6 dimensi ketergantungan yang dapat dialami oleh pengguna Instagram, yaitu salience, excessive use, neglect to work, anticipation, lack of control dan neglect to social life. Masing-masing dimensi tersebut memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Dalam penelitian ini, menemukan bahwa seseorang yang tidak menempatkan instagram sebagai hal yang penting dalam hidupnya, akan lebih mudah untuk mengendalikan diri. Hal berbeda terjadi ketika orang tersebut telah masuk dalam dimensi salience yang kemudian dapat terus meningkat pada dimensi-dimensi berikutnya. Kesimpulan dan saran dalam penelitian ini adalah instagram memiliki peranan yang cukup penting sebagai media informasi serta hiburan pada saat ini. Meski tujuan awal penggunaan instagram itu baik agar tetap mengikuti perkembangan informasi. Namun jika tidak diimbangi dengan pengendalian diri maka seseorang dapat mengalami dimensi ketergantungan yang cukup fatal, yakni tidak ingin bersosialisasi di dalam kehidupan nyata.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Dependency Theory, Instagram, Dimensi Ketergantungan, Informasi
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Mar 2019 04:05
Last Modified: 08 Mar 2019 04:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17384

Actions (login required)

View Item View Item