APLIKASI EDIBLE COATING PATI SINGKONG (Manihot utilissima Pohl.) DENGAN VARIASI AIR PERASAN JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia S.) PADA BUAH POTONG APEL MANALAGI (Malus sylvestris Mill.)

Lystia, Agatha Ivana (2018) APLIKASI EDIBLE COATING PATI SINGKONG (Manihot utilissima Pohl.) DENGAN VARIASI AIR PERASAN JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia S.) PADA BUAH POTONG APEL MANALAGI (Malus sylvestris Mill.). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
BL014280.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BL014281.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BL014282.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
BL014283.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text (BAB IV)
BL014284.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BL014285.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Buah apel manalagi merupakan salah satu buah yang digemari oleh masyarakat karena rasanya yang manis, tetapi buah apel yang dipotong lebih cepat mengalami reaksi pencoklatan dan masa simpannya menurun sehingga tingkat penerimaannya menjadi berkurang. Oleh karena itu, diperlukan pengemas seperti edible coating yang diaplikasikan pada buah potong apel manalagi agar reaksi pencoklatan dapat dihambat dan masa simpan menjadi lebih lama. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan antara buah potong apel manalagi tanpa pengemas, dicoating, mengetahui efektivitas perasan jeruk nipis yang ditambahkan ke dalam edible coating sebagai antibakteri, dan mengetahui kemampuan dari edible coating yang ditambahkan perasan jeruk nipis dalam menghambat pencoklatan. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan pola faktorial 3×3 pada buah potong apel manalagi dengan 3 kali pengulangan. Buah potong apel manalagi diberikan dengan perlakuan yang berbeda, yakni buah potong apel manalagi tanpa pengemas, buah potong apel manalagi yang dicoating, dan buah potong apel manalagi yang dicoating dengan penambahan perasan jeruk nipis konsentrasi 5,5%. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dibagi menjadi beberapa bagian yaitu ekstraksi pati singkong, persiapan air perasan jeruk nipis, pembuatan larutan edible coating, pengujian zona hambat perasan jeruk nipis dan edible coating, pengaplikasian edible coating pada buah apel manalagi, dan penyimpanan buah potong apel manalagi. Perasan jeruk nipis dan edible coating dengan penambahan perasan jeruk nipis mempunyai kemampuan untuk menghambat bakteri Staphylococcus aureus. Penggunaan edible coating yang ditambahkan perasan jeruk nipis berpengaruh terhadap nilai browning index, kadar vitamin C, angka lempeng total, dan angka kapang khamir terhadap buah potong apel manalagi selama penyimpanan dan buah potong apel manalagi perlakuan edible coating perasan jeruk nipis 5,5% mampu bertahan sampai 3 hari.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknobiologi > Tekno Pangan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Mar 2019 05:56
Last Modified: 08 Mar 2019 05:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17406

Actions (login required)

View Item View Item