PENGARUH PENERAPAN PROGRAM K3 (KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA) DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA PEKERJA KONSTRUKSI

SATRIAWAN, LEONARDUS ARIYANTO (2011) PENGARUH PENERAPAN PROGRAM K3 (KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA) DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA PEKERJA KONSTRUKSI. S2 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
MTS13640.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
MTS13641.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
MTS13642.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB III)
MTS13643.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[img] Text (BAB IV)
MTS13644.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
MTS13645.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji; 1. penerapan program K3 pada pekerja konstruksi di DKI Jakarta; 2. gaya kepemimpinan (transformasional dan transaksional) pada pekerja konstruksi di DKI Jakarta; 3. tingkat kepuasan kerja pada pekerja konstruksi di DKI Jakarta; dan 4. pengaruh penerapan program K3, gaya kepemimpinan transaksional terhadap kepuasan kerja pada pekerja konstruksi di DKI Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan rancangan penelitian cross sectional survey. Populasi penelitian ini adalah semua pekerja konstruksi di DKI Jakarta, sampel pada penelitian ini berjumlah 96 orang yang diambil dengan purposive sampling. Instrumen pada penelitian ini telah diuji dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data digunakan teknik analisis faktor, analisis regresi berganda (multiple regression) dan analisis jalur path analysis); serta didukung analisis SEM (Strukctural Equation Modeling) dengan software AMOS 16.0 Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan (p<0,05) penerapan program K3, kepemimpinan transformasional, dan kepemimpinan transaksional baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja pekerja konstruksi di DKI Jakarta. Hasil analisis SEM telah memenuhi persyaratan kelayakan model. Analisis jalur menghasilkan pengaruh langsung (direct effect) dari kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja pekerja konstruksi di DKI Jakarta sebesar 20,4%; sedangkan pengaruh tak langsungnya (indirect effects) sebesar 5,7%; pada variabel kepemimpinan transaksional mempunyai pengaruh langsung terhadap kepuasan kerja pekerja kosntruksi di DKI Jakarta sebesar 56,3%; sedangkan pengaruh tak langsungnya sebesar 16,4%. Pengaruh langsung dari pelaksanaan program K3 terhadap kepuasan kerja pekerja konstruksi di DKI Jakarta sebesar 31,9%. Disarankan bagi pekerja konstruksi agar lebih memperhatikan K3 demi mewujudkan keselamatan dan kenyamanan dalam bekerja; bagi peneliti selanjutnya disarankan agar memasukkan variabel-variabel lain yang diduga kuat berpengaruh terhadap kepuasan kerja pekerja konstruksi, dan dalam pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan kuisoner, perlu dibuat format sesederhana mungkin; serta dalam menganalisis data agar digunakan teknik analisis faktor dan analisis model SEM dengan menggunakan software AMOS untuk melengkapi model analisis regresi berganda, agar didapatkan hasil analisis yang lebih lengkap dan lebih baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: K3, Transformasional, Transaksional, Kepuasan Kerja, Pekerja Konstruksi
Subjects: Magister Teknik Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Mar 2019 01:23
Last Modified: 11 Mar 2019 01:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17425

Actions (login required)

View Item View Item