LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR SEKOLAH ALAM TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KOTA YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ANAK

Pinia, I Gede Indrajaya (2019) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR SEKOLAH ALAM TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KOTA YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ANAK. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TA152740.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TA152741.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TA152742.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TA152743.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
TA152744.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text (BAB V)
TA152745.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TA152746.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Pendidikan memiliki peran dalam kehidupan manusia dalam pembangunan suatu bangsa untuk menuju ke arah yang lebih baik. Di Indonesia sendiri, pendidikan terdiri dari 3 jalur, yaitu pendidikan formal, non-formal, dan informal. Pendidikan formal didapat saat anak mulai bersekolah, namun persebaran fasilitas sekolah di Kota Yogyakarta belum merata. Menurut Badan Pusat Statistik Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Kota Yogyakarta berada di peringkat pertama terendah untuk jumlah sekolah dasar. Hal ini berpengaruh terhadap Angka Partisipasi Murni di Kota Yogyakarta khususnya pada jenjang pendidikan dasar tingkat Sekolah Dasar. Rendahnya rasio Angka Partisipasi Murni pada tingkat Sekolah Dasar di Kota Yogyakarta ini menjadi latar belakang penentuan lokasi perencanaan Sekolah Dasar yang diharapkan mampu membantu pemerintah kota Yogyakarta dalam pemerataan sekolah. Tidak meratanya penyebaran sekolah juga diperburuk dengan kualitas pendidikan di Indonesia yang cenderung mengalami penurunan dan faktor-faktor yang mempengaruhi adalah rendahnya kualitas sarana fisik, rendahnya kualitas guru, mahalnya biaya pendidikan, pembelajaran hanya dari buku paket, dan metode pembelajaran secara ceramah. Merespon dari penurunan kualitas pendidikan tersebut munculah suatu terobosan baru dalam metode pembelajaran, yaitu sekolah alam. Fungsi utama dari sekolah alam ini adalah pendidikan alternatif melalui observasi langsung di lapangan. Pendidikan alternatif ini diharapkan juga mampu membentuk karakter yang dimiliki anak, oleh sebab itu psikologi anak juga harus dikembangkan secara psikis dan fisik anak yang diharapkan anak memiliki sifat yang jujur, percaya diri, bertanggung jawab, penolong, dapat dipercayai, menghargai dan menghormati. Sekolah Alam tingkat Sekolah Dasar di Kota Yogyakarta ini diharapkan mampu mendorong proses pembelajaran yang integrative, komprehensi dan aplikatif dengan pendekatan psikologi anak

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Sekolah Alam, Sekolah Dasar, Psikologi Anak
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 12 Mar 2019 04:37
Last Modified: 12 Mar 2019 04:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17484

Actions (login required)

View Item View Item