Optimalisasi Konsentrasi Gula Cair dan pH Medium pada Proses Fermentasi Alkohol Menggunakan Saccharomyces cerevisiae dan Substrat Sari Temulawak

Atmodjo, P. Kianto (2018) Optimalisasi Konsentrasi Gula Cair dan pH Medium pada Proses Fermentasi Alkohol Menggunakan Saccharomyces cerevisiae dan Substrat Sari Temulawak. UAJY.

[img] Text
BL09.90.325.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Gula cair suatu produk baru dari gula yang tersusun dari fruktosa, glukosa dan disakarida dianggap lebih baik daripada gula Kristal. Penlitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi gula cair dan pH medium yang digunakan dalam fermentasi alkohol dari bahan sari temulawak oleh Saccharomyces ceevisiae. Satu kg temulawak kering dihancurkan lalu ditambah air sebanyak 8 liter dan ditambah 250 g kecambah kacang hijau, direbus selamt 30 menit, lalu didinginkan dan direbus lagi tiga kali rebusan disaring diambil airnya. Dan dimasukkan ke dalam botol fermentasi masing-masing sebanyak 300 ml. Kemudian gula cair ditmbahkan sehingga diperoleh variasi 0,15, 30, 45, 60 dan 75%. Medium juga diatur pH nya menjadi 4, 4,5, 5,, 5,5 dan 6. Kemudian 1 g bibit S. cerevisiae ditambah pada tiap botol fermentasi lalu ditutup. Fermentasi berlangsung pada suhu kamar. Parameter yang diukur adalah total biomassa, pH dan gula reduksi yang diukur tiap sehari sebanyak tiga kali, dan kadar alkohol setelah satu bulan fermentasi. Hasilnya menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan antara peningkatan akadar gula dan perbedaan pH medium terhadap total biomassa, perubahan pH dan kadar gula. Namun ada hubungan yang nyata antara kenaikan kadar gula medium dengan kadar alkohol yang dihasilkan. Effisiensi tertinggi di atas 3% terjadi pada fermentasi mengguakan kadar gula 45%. Kadar alcohol tertinggi dihasilkan pada pH medium awal 5 yaitu mencapai 7%. Kesimpulannya gula cair dapat digunakan untuk sumber gula dan energi bagi S. cerevisiae dalam menjalankan fermentasi alkohol dengan substrat temulawak.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: gula cair, temulawak, alkohol, Saccharimyces cerevisiae, rasio gula/alkohol
Subjects: Teknobiologi > Tekno Pangan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 14 Mar 2019 03:27
Last Modified: 14 Mar 2019 05:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17558

Actions (login required)

View Item View Item