PROSES ADOPSI INOVASI PASAR BUSINESS-TO-CUSTOMER MENJADI BUSINESS-TO-BUSINESS PADA STARTUP DIGITAL CAPTION HOSPITALITAS INDONESIA

Lianto, Semuel Selmer (2018) PROSES ADOPSI INOVASI PASAR BUSINESS-TO-CUSTOMER MENJADI BUSINESS-TO-BUSINESS PADA STARTUP DIGITAL CAPTION HOSPITALITAS INDONESIA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Semuel Selmer Lianto)
KOM04901.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Digital startup adalah sebuah startup yang muncul / lahir di dunia internet dan hanya menjual barang maupun jasanya secara daring. Startup sendiri memiliki pnegertian sebuah perusahaan yang diciptakan untuk berkembang secara cepat. Bidang yang digeluti tidak melulu harus bersentuhan dengan teknologi. Poin penting dalam startup adalah pertumbuhan. Pertumbuhan dalam startup bisa berupa penciptaan inovasi baru, seperti halnya Caption Hospitalitas Indonesia yang melakukan proses adopsi inovasi dari pasar business-to-customer menjadi pasar business-to-business. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mendeskripsikan proses adopsi inovasi pasar business-to-customer menjadi business-to-business pada startup digital. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara atau interview secara langsung dan melalui sambungan telepon dengan narasumber business co-founder dan juga beberapa karyawan (business development, back-end, dan content writer) Caption Hospitalitas Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa transisi yang dilakukan oleh Caption Indonesia dikarenakan pasar B2C di Indonesia yang sudah ramai dengan startup, sehingga co-founder memutuskan untuk fokus pada pasar B2B. Temuan lainnya bahwa proses adopsi inovasi yang terjadi dimulai dengan proses Pencarian ide, Inovasi, Penjelasan, Percobaan, dan Transisi, dan komunikasi yang terjadi pada adopsi inovasi tersebut adalah komunikasi linier.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Proses adopsi inovasi, startup digital, B2C, B2B
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 27 Mar 2019 02:53
Last Modified: 27 Mar 2019 02:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17755

Actions (login required)

View Item View Item