KONGLOMERASI MEDIA DAN PRODUKSI BERITA (Studi Kasus Implikasi Konglomerasi Trans Media terhadap Produksi Program Berita CNN News Desk dan Redaksi TRANS7)

PRAWESTI, JOSEPHINE KRISNA DEWI (2018) KONGLOMERASI MEDIA DAN PRODUKSI BERITA (Studi Kasus Implikasi Konglomerasi Trans Media terhadap Produksi Program Berita CNN News Desk dan Redaksi TRANS7). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04808.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis kasus konglomerasi media pada produksi berita yang terjadi di CNN Indonesia dan stasiun televisi TRANS7. Penelitian ini menitikberatkan komodifikasi isi dan komodifikasi pekerja pada program Redaksi Sore TRANS7, sedangkan program CNN Indonesia News Desk akan terfokus pada komodifikasi isi. Mengusung teori yang dicetuskan Vincent Moscow, serta beberapa deskripsi dari surplus value theory yang ditemukan oleh Karl Marx, penelitian ini telah menganalisa komodifikasi pekerja dan komodifikasi isi dengan tiga metode kualitatif. Pertama, dengan metode wawancara dan yang kedua dengan studi observasi, sementara itu peneliti juga berhasil mendokumentasikan script serta berita package yang sama dari CNN Indonesia dan Redaksi Sore TRANS7. Deskripsi tentang implikasi konglomerasi media yang berimbas pada praktik jurnalistik akan peneliti kaitkan dengan teori sembilan elemen jurnalistik, guna memberi pedoman kepada pembaca tentang praktik jurnalistik yang semestinya. Berbagai data yang diperoleh dari tiga metode yang berbeda telah peneliti paparkan pada bagian temuan data, dan telah peneliti analisa. Hasilnya komodifikasi isi dan komodifikasi pekerja benar-benar terjadi di program Redaksi Sore TRANS7 dan CNN Indoensia News Desk. Akan tetapi teori ekonomi politik media yang menginduk dari pemikiran Karl Marx, adalah teori yang mengkritisi tentang faktor pekerja di era industrialisasi sehingga hasil peneitian ini juga memaparkan berbagai implikasi harus ditanggung oleh pekerja. Relevansi penelitian ini begitu penting kepada masyarakat, mengingat media adalah sektor yang bergerak dengan sumber daya alam yang tidak terbatas (udara), terutama Redaksi Sore TRANS7. Mereka dengan mudah memanfaatkan frekuensi milik publik untuk kepentingan kegiatan ekonomi korporasi, menghalalkan barbagai cara yang tidak melanggar Undang- Undang demi pundi-pundi keuangan perusahaan. Pada sisi komodifikasi pekerja, mereka juga memaksakan kehendak peran jurnalis agar lebih berpihak kepada perusahaan daripada masyarakat. Akibatnya, insan jurnalis yang bekerja dalam program tersebut telah melanggar tiga dari sembilan elemen jurnalisme yang dikemukakan oleh Tom Rossenstiel dan Bill Kovach.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Studi Kasus, Redaksi Sore TRANS7, CNN Indonesia News Desk, Komodifikasi, Ekonomi Politik Media.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Mar 2019 01:28
Last Modified: 29 Mar 2019 01:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17850

Actions (login required)

View Item View Item