PERENCANAAN KAMPANYE OLEH KOMUNITAS (Studi Deskriptif Kualitatif Perencanaan Kampanye “Save Samas Seaturtle” oleh Komunitas Reispirasi)

SARUNGU, SONYA MOILONI (2018) PERENCANAAN KAMPANYE OLEH KOMUNITAS (Studi Deskriptif Kualitatif Perencanaan Kampanye “Save Samas Seaturtle” oleh Komunitas Reispirasi). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05176.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Ancaman terbesar yang dihadapi laut Indonesia saat ini adalah polusi sampah yang dibuang secara sengaja maupun tidak sengaja. Keberadaan laut tidak hanya penting bagi manusia tetapi juga bagi satwa laut yang menjadikannya rumah. Kesadaran yang timbul membuat bermunculannya kampanye komunikasi yang dilakukan organisasi sebagai langkah untuk menyadarkan dan merubah perilaku masyarakat. Kampanye komunikasi memerlukan perencanaan kampanye yang terstruktur untuk memperoleh hasil yang mampu mencapai tujuan kampanye. Subyek penelitian ini adalah perencanaan kampanye “Save Samas Seaturtle” yang dilakukan oleh Komunitas Reispirasi. Tujuannya untuk melihat bagaimana proses perencanaan kampanye oleh komunitas Reispirasi yang merupakan komunitas lokal di Jogja. Penelitian ini menggunakan 10 tahap perencanaan kampanye oleh Anne Gregory dan teori difusi inovasi sebagai konsep kampanye dalam proses adopsi inovasi. Penelitian kualitatif ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Wawancara dilakukan dengan lima narasumber, dua narasumber berasal dari komunitas dan tiga narasumber lainnya merupakan relawan kegiatan pelepasliaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi tahap reduksi data, penyajian data dan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunitas Reispirasi melakukan sembilan dari 10 tahapan perencanaan dan proses adopsi inovasi yang dilakukan oleh relawan dapat berjalan dengan lancar walaupun terjadi perbedaan langkah penggunaan media pertama pada saluran two-step flow communication antara teori dan data lapangan. Kesimpulan yang didapatkan adalah komunitas Reispirasi belum melakukan tahapan taktik dan review sehingga mempengaruhi jalannya pelaksanaan kegiatan kampanye. Pemilihan media yang komunitas gunakan dalam kampanye sudah tepat karena mampu menghasilkan proses adopsi inovasi oleh relawan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Kampanye, Komunitas, Adopsi, Inovasi
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Mar 2019 01:44
Last Modified: 29 Mar 2019 01:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17856

Actions (login required)

View Item View Item