PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA DAN ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD) (Studi Deskriptif Kualitatif Proses Komunikasi Interpersonal Antara Orangtua dan Anak ASD di Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita Yogyakarta)

SIREGAR, ANGELA MONICA (2018) PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA DAN ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD) (Studi Deskriptif Kualitatif Proses Komunikasi Interpersonal Antara Orangtua dan Anak ASD di Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05496.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Anak yang memiliki ASD termasuk dalam kategori anak dengan kebutuhan khusus. Hal ini berarti mereka memerlukan perhatian lebih dari orangorang di sekitar mereka. Orang atau pihak yang perlu memberikan perhatian itu adalah keluarga atau orangtua mereka. Menurut Murdock (1949) dan Reiss (1980), fungsi utama dari keluarga adalah mengasuh dan bersosialisasi dengan anak-anak (dalam Segrin & Flora, 2011:7). Fungsi keluarga seperti itu tentu tidak lepas dari yang namanya komunikasi. Penelitian ini melihat bagaimana proses komunikasi interpersonal antara orangtua dan anak ASD. Teori yang digunakan adalah komunikasi interpersonal yang dikemukakan oleh DeVito dan komunikasi keluarga oleh Segrin dan Flora. Komunikasi interpersonal digunakan untuk melihat bagaimana proses komunikasi interpersonal yang terjadi diantara orangtua dan anak ASD, sedangkan komunikasi keluarga digunakan untuk melihat bagaimana kualitas komunikasi antara orangtua dan anak ASD. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan menggunakan wawancara tidak terstruktur dan observasi non partisipan sebagai metode pengumpulan datanya. Wawancara dilakukan kepada 3 orangtua dari anak ASD yang dipilih berdasarkan ketersediaan narasumber untuk diwawancarai. Penelitian ini dilakukan kepada orangtua anak ASD yang bersekolah di Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita Yogyakarta. Setelah dilakukan penelitian, hasil yang ditemukan adalah proses komunikasi interpersonal yang terjadi antara orangtua dan anak ASD bergantung pada suasana hati sang anak. Suasana hati sang anak yang kemudian menjadi penentu respon yang akan diberikan. Ketika respon tidak diberikan proses komunikasi terkesan menjadi satu arah, namun ketika respon diberikan proses komunikasi yang terjadi sama seperti yang digambarkan oleh DeVito.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Autism Spectrum Disorder, orangtua, proses komunikasi interpersonal
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Mar 2019 01:56
Last Modified: 29 Mar 2019 01:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17860

Actions (login required)

View Item View Item