STRATEGI LULUS PROSES TENDERING PADA PENGADAAN BARANG DAN JASA PEMERINTAH BAGI PENYEDIA JASA KONSTRUKSI

PRASETYO, HERY (2019) STRATEGI LULUS PROSES TENDERING PADA PENGADAAN BARANG DAN JASA PEMERINTAH BAGI PENYEDIA JASA KONSTRUKSI. S2 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
MTS013390.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
MTS013391.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
MTS013392.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
MTS013393.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text (BAB IV)
MTS013394.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
MTS013395.pdf

Download (984kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kontraktor agar dapat lulus dalam proses tendering di proyek yang diselenggarakan oleh pemerintah. Tahapan dalam proses tendering ini adalah tahap kualifikasi dan penyampaian penawaran. Penelitian ini untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses tendering. Faktor Pendukung meliputi pengalaman dalam tendering, tersedianya sumber daya manusia, kondisi manajemen, kemampuan perusahaan, informasi tentang pekerjaan, data pendukung mengenai pekerjaan, lokasi pekerjaan, segala sesuatu berkaitan dengan dokumen penawaran harus nampak jelas dan rasional. Sedangkan faktor penghambat meliputi legalitas dan ijin perusahaan, pengalaman kerja, ketersediaan tenaga ahli sesuai bidangnya, batas keuntungan yang pantas, penetapan harga penawaran tidak dapat diajukan terlalu tinggi dengan harapan untuk mendapatkan profit yang besar, pengajuan harga relatif rendah dengan harapan memperbesar peluang mendapatkan proyek, menentukan harga penawaran yang tepat (terbaik), pertumbuhan jumlah penyedia jasa konstruksi yang makin meningkat, persaingan penyedia jasa konstruksi semakin meningkat dalam memenangkan kontrak atas pekerjaan melalui penawaran bersaing. Penelitian ini juga untuk mengetahui strategi Penyedia Jasa Konstruksi dalam proses tendering. Dalam tahap prakualifikasi yaitu memiliki kualifikasi perusahaan yang sesuai dengan dokumen kualifikasi yang dipersyaratkan panitia. Sedangkan dalam penawaran yaitu memberikan strategi dalam pembuatan surat penawaran, pembuatan jaminan penawaran, penyampaian metode pelaksanaan, jadwal pelaksanaan pekerjaan/jangka waktu pelaksanaan, penyampaian peralatan utama minimum, penyampaian kualifikasi tenaga ahli, penyusunan daftar kuantitas dan harga, spesifikasi teknis dan penawaran harga.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: tendering, kontraktor, proyek konstruksi, pemerintah, strategi kualifikasi, strategi penawaran, penyedia jasa konstruksi
Subjects: Magister Teknik Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Mar 2019 02:19
Last Modified: 29 Mar 2019 02:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17866

Actions (login required)

View Item View Item