TEKS NARASI TUNGGAL SEBAGAI SARANA PROPAGANDA DI KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA (Analisis Deskriptif Kualitatif pada Lima Teks Narasi Tunggal Periode Agustus 2016-Februari 2018)

KRISNARIANDI, SKOLASTIKO ADVENTURA (2018) TEKS NARASI TUNGGAL SEBAGAI SARANA PROPAGANDA DI KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA (Analisis Deskriptif Kualitatif pada Lima Teks Narasi Tunggal Periode Agustus 2016-Februari 2018). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05153.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Narasi tunggal merupakan istilah yang termasuk baru dan merupakan produk teks atau narasi yang dibuat dan disusun oleh lembaga pemerintahan guna menyampaikan informasi yang tersedia. Penelitian ini untuk mengetahui teks narasi tunggal sebagai sarana propaganda penyampaian informasi oleh pemerintah. Penelitian ini menggunakan teori elemen-elemen propaganda yang terdapat di dalam suatu pesan. Terdapat elemen-elemen seperti adannya komunikator, komunikan, kebijakan, isi pesan, teknik, situasi kondisi, kategori, dan tujuan dari propaganda. Pada penelitian ini digunakan metode penelitian analisis isi kualitatif. Hasil penelitian ini adalah dalam kelima teks narasi tunggal terdapat elemen-elemen propaganda melalui pesan yang disampaikan serta unit yang ada di dalamnya. Kominfo disimpulkan memakai teks narasi tunggal sebagai sarana propaganda kepada masyarakat secara luas untuk berpartisipasi dalam kebijakan serta program pemerintah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teks Narasi Tunggal, Elemen Propaganda, Kementerian
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Apr 2019 03:33
Last Modified: 01 Apr 2019 03:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17892

Actions (login required)

View Item View Item