PENGARUH TERPAAN VLOG JOKOWI TERHADAP MINAT PEMILIH PEMULA MEMILIH JOKOWI PADA PILPRES 2019 (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Subscriber Akun Youtube Presiden Joko Widodo)

Betania, Grace Sita (2018) PENGARUH TERPAAN VLOG JOKOWI TERHADAP MINAT PEMILIH PEMULA MEMILIH JOKOWI PADA PILPRES 2019 (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Subscriber Akun Youtube Presiden Joko Widodo). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05468.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terpaan vlog Jokowi terhadap minat pemilih pemula memilih Jokowi pada Pilpres 2019. Adapun teori-teori yang digunakan untuk mendukung penelitian yakni tentang komunikasi politik, efek komunikasi massa, teori efek media terbatas, terpaan media, vlog dan minat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah subscriber Akun Youtube Presiden Joko Widodo, yakni sebanyak 504.314 subscriber (11 April 2018). Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 subscriber yang dikumpulkan dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan kuesioner online dan diolah menjadi tiga bagian. Bagian pertama adalah analisis deskriptif demografi responden dan variabel-variabel penelitian. Selanjutnya adalah analisis tabulasi silang untuk mengetahui perbedaan terpaan vlog Jokowi dan minat pemilih pemula memilih Jokowi pada Pilpres berdasarkan perbedaan jenis kelamin. Terakhir, untuk pengujian hipotesis digunakan analisis regresi linier sederhana dan korelasi parsial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terpaan vlog Jokowi berpengaruh positif terhadap minat pemilih pemula memilih Jokowi pada Pilpres 2019. Adapun nilai pengaruh yang ditemukan adalah sebesar 47,8%. Nilai ini menunjukkan terpaan vlog Jokowi cukup mempengaruhi minat responden meskipun terdapat 62,2% faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi minat responden untuk memilih Jokowi pada Pilpres 2019. Ketika faktor individu dan sosial dijadikan variabel kontrol, ditemukan nilai koefisien korelasi menjadi meningkat, yaitu sebesar 0,017 atau 1,7%., yang membuktikan adanya peran faktor individu dan sosial dalam menjelaskan pengaruh terpaan vlog Jokowi terhadap minat pemilih pemula memilih Jokowi pada Pilpres 2019. Namun, pada analisis tabulasi silang tidak ditemukan perbedaan terpaan vlog Jokowi dan minat pemilih pemula memilih Jokowi pada Pilpres 2019. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada pengaruh terpaan vlog Jokowi terhadap minat pemilih pemula memilih Jokowi pada Pilpres 2019 dan ada pengaruh terpaan vlog Jokowi terhadap minat pemilih pemula memilih Jokowi pada Pilpres 2019 yang dikontrol oleh faktor individu dan sosial. Namun, jenis kelamin tidak memiliki andil dalam hubungan ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: terpaan vlog, minat, pemilih pemula
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Apr 2019 05:52
Last Modified: 01 Apr 2019 05:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17922

Actions (login required)

View Item View Item