STRATEGI KOMUNIKASI PT MADUBARU PG-PS MADUKISMO DALAM MEMPERKENALKAN AGROWISATA (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Strategi Komunikasi Agrowisata Tahun 2017)

Novitasari, Maria Astri (2018) STRATEGI KOMUNIKASI PT MADUBARU PG-PS MADUKISMO DALAM MEMPERKENALKAN AGROWISATA (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Strategi Komunikasi Agrowisata Tahun 2017). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05345.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Obyek wisata agrowisata pada jaman ini banyak dicari oleh wisatawawan. Salah satunya PT Madubaru PG- PS Madukismo, yang menjalankan agrowista sejak 17 April 1993. Agrowisata merupakan bagian dari objek wisata yang memanfaatkan usaha pertanian (agro) sebagai objek wisata. Dalam kegiatan tersebut terdapat cara dalam menyampaikan informasi terkait perusahaan yang dijalankan oleh tim agrowisata. Cara tersebut dikemas dengan menggunakan elemen komunikasi, yaitu pesan, media dan komunikator. Cara untuk mencapai tujuan agrowisata dengan menggunakan elemen komunikasi tersebut dimaknai sebagai strategi komunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi komunikasi PT Madubaru PG-PS Madukismo dalam memperkenalkan agrowisata. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengenai strategi komunikasi, meliputi pengertian, dan fungsinya. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan strategi komunikasi yang dilakukan dalam memperkenalkan agrowisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dipakai tim agrowisata dalam memperkenalkan agrowisata adalah penjelasan melalui video, pemberian buku pedoman atau brosur, mengadakan sesi tanya jawab, dan kunjungan langsung untuk melihat proses pengolahan gula beserta penjelasannya. Dengan cara tersebut, PT Madubaru menggunakan tim agrowisata. Pada akhirnya, strategi komunikasi adalah cara yang digunakan tim agrowisata dalam memperkenalkan agrowisata, menggunakan beberapa elemen komunikasi seperti pesan, media, dan komunikator. Kata Kunci : Strateg

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi, Agrowisata, Informasi, Tim agrowisata
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Apr 2019 06:08
Last Modified: 01 Apr 2019 06:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17924

Actions (login required)

View Item View Item