PERAN CORPORATE IDENTITY DALAM PEMBENTUKAN CORPORATE IMAGE PT TELKOM INDONESIA (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Peran Symbolism dalam Pembentukan The Wish Image PT. Telkom Indonesia pada Perubahan Corporate Identity Tahun 2013)

RAHMAWATI, ANGELA (2018) PERAN CORPORATE IDENTITY DALAM PEMBENTUKAN CORPORATE IMAGE PT TELKOM INDONESIA (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Peran Symbolism dalam Pembentukan The Wish Image PT. Telkom Indonesia pada Perubahan Corporate Identity Tahun 2013). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04778.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang membahas tentang peranan corporate identity dalam pembentukan corporate image PT Telkom Indonesia. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui dan memahami lebih dalam mengenai peranan corporate identity dalam pembentuk corporate image di PT Telkom Indonesia. Berdasarkan dengan The Birkigt and Stadler Model, corporate identity tidak hanya mengenai logo melainkan terdiri tiga elemen yaitu symbolism, communication dan behaviour. Corporate identity yang terdiri dari tiga elemen tersebut, ketika diterima dan dipersepsikan oleh khalayaknya akan membentuk suatu corporate image. Corporate image sendiri terdiri dari empat elemen antara lain personality, reputation, value dan corporate identity. Setiap perusahaan dapat memiliki corporate image yang berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Jenis penelitian ini digunakan untuk menggambarkan dan menganalisis suatu hasil penelitian berdasarkan dari fakta-fakta yang ditemui. Jenis penelitian ini juga lebih memusatkan kepada suatu objek tertentu dengan mempelajarinya sebagai studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunujukkan bahwa corporate identity memiliki peranan sebagi tanda pengenal, pembeda, pembangun spirit dan loyalitas karyawan serta yang terutama berperan dalam pembentukan corporate image pada PT Telkom Indonesia. Berdasarkan dari penelitian yang sudah dilakukan peneliti menyarankan bagi akademisi yang akan meneliti hal terkait corporate identity untuk dapat melaksanakannya saat perencanaan dilakasanakan atau tidak lama setelah proses perencanaan berjalan, agar data dari para narasumber dapat lebih detail. Sementara untuk praktisi, peneliti menyarankan untuk tetap mempertahankan survei-survei kepada khalayak eksternal untuk lebih memahami lingkungan bisnis dan dapat memberi pelayanan yang lebih baik sesuai dengan kebutuhan khalayaknya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Corporate Identity, Corporate Image, Symbolism, Communication, Behaviour.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Apr 2019 01:24
Last Modified: 04 Apr 2019 01:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17996

Actions (login required)

View Item View Item