DELIBERASI DI MEDIA ONLINE (Analisis Isi Kuantitatif Komentar Pembaca Detik.com dalam Berita Aksi Kartu Kuning Untuk Jokowi periode 2-16 Februari 2018)

RULIYADI, RENATA (2018) DELIBERASI DI MEDIA ONLINE (Analisis Isi Kuantitatif Komentar Pembaca Detik.com dalam Berita Aksi Kartu Kuning Untuk Jokowi periode 2-16 Februari 2018). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05234.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Untuk menerapkan sebuah demokrasi dalam sebuah negara, diperlukan ruang publik sebagai wadah mengungkapkan pendapat terhadap suatu peristiwa, fenomena, isu agar suara masyarakat dan pembahasan dapat bersifat lebih terbuka. Kegiatan deliberasi menilai politik, kebijakan, tindakan pemerintah dalam mengatasi suatu fenomena. Deliberasi pada awalnya berada pada tempat-tempat umum seperti warung kopi, rumah makan, di mana masyarakat kecil, menengah, maupun kelas atas dapat berkumpul bersama. Saat ini deliberasi berkembang dalam media online, sehingga terjadi perbedaan bentuk diskusi yang dilakukan masyarakat. Oleh karena itu, peneliti ingin melihat apakah aspek-aspek deliberasi terpenuhi dalam komentar partisipan di detik.com mengenai kasus kartu kuning untuk Jokowi periode 2-16 Februari 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi kuantitatif. Dengan menggunakan stratified random sampling, didapatkan 5 berita dan 100 komentar dari 46 berita dan 11.366 komentar. Teknik analisis dibantu oleh dua coder, yang pertama adalah mahasiswa dan yang kedua adalah seorang anggota masyarakat yang tidak mendalami ilmu komunikasi. Penelitian dianalisis menggunakan teori deliberasi ideal Joshua Cohen, syarat deliberasi Gutmann dan Thompson, dan penerapan demokrasi Fung dan Wright. Pengolahan ketiga teori menghasilkan empat aspek deliberasi, yaitu partisipan, alasan, tujuan, dan solusi, Hasil penelitian menunjukkan deliberasi terpenuhi di media detik.com. Partisipan yang ikut serta dalam deliberasi sebesar 63%. Alasan yang disampaikan masyarakat menguatkan argumen. Kritik merupakan tujuan utama seseorang berkomentar dalam kasus kartu kuning untuk Jokowi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Deliberasi, media online, komentar pembaca, BEM UI
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Apr 2019 01:33
Last Modified: 04 Apr 2019 01:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18000

Actions (login required)

View Item View Item