Proses Komunikasi Persuasif dalam Aktivitas Personal Selling (Studi Kasus pada Agen Asuransi PT. Generali Yogyakarta dalam Mendorong Keputusan Pembelian Calon Nasabahnya)

PAKPAHAN, MEILINDA RENATA (2018) Proses Komunikasi Persuasif dalam Aktivitas Personal Selling (Studi Kasus pada Agen Asuransi PT. Generali Yogyakarta dalam Mendorong Keputusan Pembelian Calon Nasabahnya). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05505.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Industri asuransi merupakan salah satu bidang perusahaan yang memilih untuk menekankan aktivitas komunikasi pemasarannya pada personal selling. Aktivitas personal selling merupakan sebuah proses komunikasi persuasif yang dilakukan untuk mempengaruhi dan mendorong keputusan calon konsumen untuk melakukan pembelian. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia yang belum menyadari manfaat dan kegunaan dalam memiliki asuransi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses komunikasi persuasif dalam aktivitas personal selling pada agen asuransi PT. Generali Yogyakarta dan dalam mendorong keputusan pembelian calon nasabahnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu komunikasi persuasif, personal selling, dan keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yang mana penulis melakukan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan sumber lain seperti website serta dokumentasi lain yang dimiliki Asuransi Generali Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini dipilih dari agen Generali Yogyakarta yang berada pada kategori business manager dan finansial konsultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi persuasif yang efektif dilakukan oleh agen asuransi Generali Yogyakarta dengan cara yang khas milik mereka. Mulai dari penentuan calon nasabah, penggalian informasi, hingga pesan persuasif yang disampaikan. Saran dalam penelitian ini secara akademis berupa masukan terhadap model teori dari proses komunikasi persuasif, serta saran secara praktis kepada agen asuransi secara umum dalam menjaring nasabah dan menyampaikan pesan persuasif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Personal selling, proses komunikasi persuasif, agen, dan calon nasabah.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Apr 2019 01:57
Last Modified: 04 Apr 2019 01:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18008

Actions (login required)

View Item View Item