KARAKTERISTIK MAHASISWA DALAM MENGAKSES INFORMASI MENGGUNAKAN FITUR EXPLORE INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta Angkatan 2013-2017 menggunakan Teknik Analisis Cluster berdasarkan Motivasi dan Perilaku Mengakses Fitur Explore Instagram)

Saputra, Jaya Rizqi (2018) KARAKTERISTIK MAHASISWA DALAM MENGAKSES INFORMASI MENGGUNAKAN FITUR EXPLORE INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta Angkatan 2013-2017 menggunakan Teknik Analisis Cluster berdasarkan Motivasi dan Perilaku Mengakses Fitur Explore Instagram). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04937.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi di bidang informasi dan komunikasi memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan penyampaian informasi melalui media, perkembangan ini juga dipengaruhi oleh adanya internet yang menjadikan informasi bisa di akses melalui dunia maya. Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta dalam mengakses fitur explore Instagram. Riset Uses and Grafitications berangkat dari pandangan bahwa komunikasi (khususnya media massa) tidak mempunyai kekuatan mempengaruhi khalayak. Inti teori Uses and Gratifications adalah khalayak pada dasarnya menggunakan media massa berdasarkan motif-motif tertentu. Media dianggap berusaha memenuhi motif khalayak. ada 5 variabel motivasi khalayak dalam mengakses media yaitu informasi, identitas pribadi, integrasi sosial, interaksi sosial, dan hiburan. Untuk mendapatkan motif khalayak tersebut perlu dikakukan segmentasi khalayak untuk mengelompokkan khalayak kedalam kotak-kotak yang lebih homongen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis cluster. Analisis cluster memiliki tujuan untuk mengelompokkan beberapa objek berdasarkan tingkat kemiripan yang dimilikinya dengan objek lain. Analisis cluster mengklasifikasikan objek sehingga setiap objek yang memiliki jarak kesamaannya dengan objek yang lain sangat dekat akan berada dalam satu cluster yang sama. Pengelompokkan dilakukan dengan membagi mahasiswa ke dalam beberapa kelompok berdasarkan motivasi dan perilakunya dalam mengakses fitur explore Instagram. Berdasarkan motivasi mahasiswa dalam mengakses fitur explore Instagram, terdapat 4 kelompok mahasiswa yang terbentuk yaitu interactive user, insight user, leisure user, dan social-concerned user. Kelompok yang paling banyak dianut oleh mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta adalah insight user. Dengan persentase mencapai 53,64% dan didominasi oleh kaum perempuan sebanyak 31 orang (68,9%)

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Online, motivasi mengakses media, perilaku mengakses media, fitur explore Instagram
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Apr 2019 05:15
Last Modified: 05 Apr 2019 05:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18101

Actions (login required)

View Item View Item