PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Eksplanatif Pengaruh Komunikasi Interpersonal Customer Service Bengkel Alfa Ahass 2763 Terhadap Kepuasan Pelanggan)

DWIJAYA, MAHENDRA RINTO (2019) PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Eksplanatif Pengaruh Komunikasi Interpersonal Customer Service Bengkel Alfa Ahass 2763 Terhadap Kepuasan Pelanggan). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05132.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas komunikasi interpersonal terhadap kepuasaan pelanggan di Bengkel Alfa Ahass 2763. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner sebagai data primer dan beberapa data sekunder. Pengujian validitas menggunakan product moment, pengukuran reliabilitas menggunakan teknik Cronbach Alpha. Metode analisa data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Pada variabel komunikasi interpersonal mayoritas responden menilai “sangat baik” terhadap kualitas komunikasi interpersonal di Alfa Ahass 2763 2)Pada variabel kepuasan pelanggan, mayoritas responden menilai “tinggi” terhadap kepuasan pelanggan di Alfa Ahass 2763, dan 3)Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana, diperoleh bahwa variabel komunikasi interpersonal berpengaruh positif pada kepuasan pelanggan di Bengkel Alfa Ahass 2763. Sesuai dengan hasil penelitian ini maka kepuasan pelanggan merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga mutu perusahaan dan menghadapi persaingan perusahaan. Oleh sebab itu, Alfa Ahass 2763 Yogyakarta hendaknya senantiasa meningkatkan dan menjaga hal-hal yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan. Penelitian ini diharapkan dapat dipakai sebagai acuan dan perbandingan bagi peneliti yang akan datang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Manajemen Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Apr 2019 03:49
Last Modified: 10 Apr 2019 03:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18211

Actions (login required)

View Item View Item