DINAMIKA KOMUNIKASI KELOMPOK PADA KELOMPOK VIRTUAL DALAM MENCAPAI KEMENANGAN (KASUS : GAMES DEFEND OF THE ANCIENTS 2)

Nauli, Kevin Alberto (2019) DINAMIKA KOMUNIKASI KELOMPOK PADA KELOMPOK VIRTUAL DALAM MENCAPAI KEMENANGAN (KASUS : GAMES DEFEND OF THE ANCIENTS 2). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05232.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Komunikasi selalu mengalami perkembangan dalam segi teknologi komunikasi sehingga menimbulkan sebuah konsep komunikasi virtual yaitu komunikasi yang terjadi tanpa adanya kehadiran fisik dan tatap muka secara langsung serta hanya diperantarai oleh komputer yang terhubung dengan internet. Komunikasi virtual yang terjadi antara lebih dari dua orang dengan tujuan tertentu yang ingin dicapai bersama menimbulkan sebuah konsep virtual team atau kelompok virtual. Kelompok virtual hadir dan berkembang dalam kehidupan yaitu dalam dunia permainan atau games. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang melihat dinamika komunikasi yang terjadi pada kelompok virtual dalam permainan DotA 2 dalam mencapai tujuan utama kelompok yaitu kemenangan. Pemain-pemain secara acak yang tergabung dalam satu kelompok virtual DotA 2 diobservasi guna melihat dan mendeskripsikan dinamika komunikasi kelompok yang terjadi pada kelompok virtual DotA 2 tersebut. Functional roles, leadership, conformity, konflik, problem solving, dan decision making adalah faktor pendahulu terjadinya dinamika komunikasi kelompok. Dinamika komunikasi kelompok yang terjadi pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan dan merubah kepercayaan para anggota dalam satu kelompok virtual karena kontak fisik tidak ada bahkan para anggota tidak saling mengenal rekannya dalam satu kelompok. Dimensi isi selalu ada dalam dinamika komunikasi kelompok virtual dalam permainan DotA 2, tetapi dimensi hubungan seperti penggunaan kata kasar atau yang mengarah pada perpecahan saat komunikasi terjadi pada dinamika dalam kelompok tidak diperhatikan oleh para anggota kelompoknya. Pengenalan diri, arah, dan tujuan dari masing-masing individu tidak perlu dilakukan dalam sebuah kelompok virtual DotA 2 karena bagi para anggota kelompok tujuan yang ingin dicapai bersama sudah jelas sehingga identitas diri dan arah serta tujuan dari masing-masing individu dalam kelompok tidak diperlukan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Virtual, Kelompok Virtual, Dinamika komunikasi kelompok
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2019 05:58
Last Modified: 11 Apr 2019 05:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18295

Actions (login required)

View Item View Item