IDENTITAS ETNIS DAN KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA (Studi Fenomenologi Peran Etnis Cina Benteng dalam Keluarga Kawin Campur Cina Benteng di Kawasan Pasar Lama Tangerang Banten)

ADITYA, NICHOLAS RYAN (2019) IDENTITAS ETNIS DAN KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA (Studi Fenomenologi Peran Etnis Cina Benteng dalam Keluarga Kawin Campur Cina Benteng di Kawasan Pasar Lama Tangerang Banten). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05470.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Identitas Etnis dan Komunikasi Lintas Budaya (Studi Fenomenologi Peran Etnis Cina Benteng dalam Keluarga Kawin Campur Cina Benteng di Kawasan Pasar Lama Tangerang Banten). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui identitas etnis yang terbentuk pada etnis Cina Benteng ketika melakukan kawin campur dengan etnis lainnya di kawasan Pasar Lama Tangerang Banten, baik dalam memahami dan memaknai identitas etnis mereka maupun identitas etnis pasangannya, perubahan identitas etnis yang mungkin terjadi hingga peran identitas etnis yang dibangun dalam komunikasi lintas budaya. Teori yang digunakan peneliti adalah teori Komunikasi Lintas Budaya, Identitas Etnis dan Perkawinan Campur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan memfokuskan pada analisis studi fenomenologi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma interpretif. Informasi dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara mendalam (in-depth interview) terhadap kelima warga kawasan Pasar Lama yang melakukan kawin campur dan telah lama tinggal di kawasan tersebut. Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa identitas etnis yang terbentuk adalah evaluasi positif terhadap kelompok etnis. Perubahan identitas etnis yang terjadi hanya pada perubahan bahasa. Peneliti juga menemukan, identitas etnis berperan sebagai pengenal bagi kelompok lain, sehingga identitas etnis dapat mendorong terjadinya komunikasi lintas budaya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Lintas Budaya, Identitas, Etnis, Cina Benteng, Kawin Campur
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Apr 2019 01:20
Last Modified: 12 Apr 2019 01:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18303

Actions (login required)

View Item View Item