INTERAKTIVITAS WEBSITE WWW.DJARUMFOUNDATION.ORG SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT DJARUM

ADITAMA, TEGAR YUDA (2019) INTERAKTIVITAS WEBSITE WWW.DJARUMFOUNDATION.ORG SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT DJARUM. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05211.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

PT Djarum merupakan perusahaan yang bergerak pada industri pertembakauan dan masuk ke dalam sin industry. Perusahaan rokok juga dinilai telah melakukan corporate social responsibility (CSR) palsu karena belum mampu menanggulangi dan merehabilitasi dampak negatif dari produknya. Sebagai upaya untuk mentrasformasi citra yang kurang baik, komunikasi merupakan kendaraan fundamental yang dapat digunakan perusahaan untuk mengantisipasi dan mengartikulasi harapan stakeholder guna mendapatkan dampak maksimal bagi program CSR yang dilaksanakan. PT Djarum mengkalim telah melakukan CSR melalui yayasan filantropis perusahaan yaitu Djarum Foundation. Djarum Foundation menggunakan website sebagai media komunikasi resmi untuk mengkomunikasikan aktivitas CSR yang dilakukan. Website merupakan media yang penting bagi komunikasi CSR karena dapat memuat konten dan fitur yang lengkap. Website juga memiliki sifat interaktif yang dapat menjadi peluang bagi perusahaan untuk dapat mangantisipasi dan mengartikulasi harapan stakeholder. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan interaktivtias komunikasi CSR yang terjadi dalam website Djarum Foundation dengan melihat isi pesan, aksesibilitas, dan interaktivtias. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus tentang komunikasi CSR pada website Djarum Foundation dengan melakukan analisis isi kualitatif untuk menganalisis konten CSR dan fitur dalam website. Konten CSR dan fitur tersebut dihimpun dengan menggunakan teknik riset dokumentasi yang tidak berfokus pada kuantitas teks melainkan terbatas pada teks yang sesuai dengan tujuan penelitian. Informasi mengenai aktivitas CSR perusahaan dinilai mudah diakses, di mana konten tentang CSR dapat ditemukan pada halaman utama website perusahaan. Selain itu, perusahaan juga mendedikasikan website khusus untuk mengkomunikasikan program CSR yang dilakukan. Dilihat dari isi pesan yang dikomunikasikan pada website Djarum Foundation mayoritas berupa teks, foto dan video. Dilihat dari kategori pesan CSR yang dominan dalam website Djarum Foundation adalah kategori promosi CSR. Terdapat lima konten yang masuk dalam kategori ini yaitu program dan aktivitas CSR, pelaporan, pemberitaan, penghargaan, dan kalender kegiatan. Dilihat dari sisi interaktivitas komunikasi dalam website, terdapat dua jenis interaktivitas dalam website Djarum Foundation yaitu jenis interaktivitas dengan web dan jenis interaktivitas melalui web antara operator kepada pengguna. Lalu lintas informasi dalam web didominasi oleh operator di mana tidak ditemukan ruang bagi pengguna untuk menyampaikan feedback atau dapat diidentifikasi tipologi lalu lintas informasi pada website Djarum Foundation adalah alokasi. Model komunikasi yang terjadi dalam website Djarum Foundation adalah monolog atau model komunikasi satu arah asimetris. Website sebagai media komunikasi CSR yang lengkap nyatanya belum digunakan secara optimal oleh Djarum Foundation, di mana penggunaan website hanya bertujuan untuk membangun image atau pengelabuhan citra.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Corporate Social Responsibility, Website, Interaktivitas
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Apr 2019 02:21
Last Modified: 23 Apr 2019 02:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18422

Actions (login required)

View Item View Item