Generasi Z Indonesia dan Meme Politik (Resepsi Mahasiswa Generasi Z terhadap Meme dengan Isu Perilaku Anggota DPR di Akun Line “Political Jokes”)

ADINTYO, ALOYSIUS BRAMA (2018) Generasi Z Indonesia dan Meme Politik (Resepsi Mahasiswa Generasi Z terhadap Meme dengan Isu Perilaku Anggota DPR di Akun Line “Political Jokes”). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05385.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Meme adalah salah satu konten di dunia virtual yang paling tidak terdiri dari dua aspek yaitu gambar dan teks. Mafhumnya meme muncul sebagai sebuah respon dari sebuah isu atau diskursus sosial yang sedang hangat diperbincangkan baik di dunia nyata maupun di dunia virtual seperti misalnya tentang dinamika perpolitikan. Akun resmi Political Jokes mengunggah berbagai meme bertema politik dengan beragam isu, salah satunya ialah perilaku anggota DPR. Isu perilaku anggota DPR sendiri dipilih mengingat anggota DPR merupakan anggota dari lembaga representasi warga masyarakat yang memiliki kode etik namun kerap kali beberapa anggotanya menuai kontroversi. Secara spesifik terdapat tiga kategori meme mengenai perilaku anggota DPR. Pertama adalah perilaku anggota DPR dalam menanggapi sebuah isu. Kategori kedua adalah perilaku anggota DPR dan kaitannya dengan kasus hukum. Serta yang terakhir adalah perilaku anggota DPR dan norma kesusilaan. Melalui meme tersebut, sikap dan posisi yang diambil khalayak, dalam hal ini adalah generasi Z, coba untuk ditelaah melalui analisis resepsi dengan metode yang disodorkan oleh Stuart Hall. Berdasarkan analisis tersebut maka pembacaan khalayak dipetakan dalam tiga posisi decoding yaitu dominan-hegemonik, dinegosiasikan dan oposisional. Faktor akses terhadap informasi, baik internet maupun sumber lainnya, menjadi faktor yang cukup signifikan. Pengalaman generasi Z dengan peristiwa-peristiwa baik yang secara langsung maupun tidak langsung dengan peristiwa politik juga menjadi faktor yang akhirnya memposisikan khalayak dalam posisi-posisi tertentu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis resepsi, Generasi Z, Meme Politik
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Apr 2019 02:10
Last Modified: 25 Apr 2019 02:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18450

Actions (login required)

View Item View Item