PENGARUH INTENSITAS CHATTING TERHADAP TINGKAT KEINTIMAN RELASI INTERPERSONAL (Kasus Penggunaan Media LINE pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta)

Saraswati, Kintan Kinnari (2019) PENGARUH INTENSITAS CHATTING TERHADAP TINGKAT KEINTIMAN RELASI INTERPERSONAL (Kasus Penggunaan Media LINE pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Kintan Kinnari Saraswati)
KOM04673.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Komunikasi interpersonal adalah penyampaian pesan oleh satu orang dan penerimaan pesan oleh orang lain dan memberikan umpan balik. Hubungan antara dua orang atau lebih yang melakukan komunikasi tersebut disebut dengan relasi interpersonal. Penelitian ini membahas tentang pengaruh intensitas chatting terhadap keintiman relasi interpersonal melalui faktor keterbukaan diri pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik angkatan 2016 Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Penggunaan media komunikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah LINE Messanger.Tujuan dari penelitian ini untuk pengetahui pengaruh intensitas chatting terhadap keintiman relasi interpersonal melalui faktor keterbukaan diri. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penetrasi sosial. Analogi kulit bawang merupakan fokus dari teori yang digunakan, karena semakin dalam lapisan tersebut, semakin intim relasi interpersonal yang terjadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei menggunakan kuesioner. Responden yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 182 mahasiswa yang tergabung dalam grup LINE angkatan 2016. Hasil penenltian menyebtukan bahwa ada pengaruh antara intensitas chatting dengan keintiman relasi interpersonal melalui faktor kterbukaan diri. Hubungan yang ada merupakan hubungan yang sedang. Besarnya pengaruh antara intensitas chatting terhadap keintiman relasi interpersonal sebesar 7,2% tetapi jika melalui keterbukaan diri menjadi 18,1%. Pengaruh yang terjadi antara intensitas chatting dengan keintiman relasi interpersonal juga sedang, meskipun sedang, interaksi yang terjadi malah semakin terbuka.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Intensitas, penetrasi sosial, keterbukaan diri.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 30 Apr 2019 05:18
Last Modified: 30 Apr 2019 05:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18497

Actions (login required)

View Item View Item