NUGROHO, CHANDRA ADITYO (2010) PENGARUH KREDIBILITAS BRAND ENDORSER TERHADAP TINGKAT MOTIVASI DALAM MENGGUNAKAN PRODUK (Studi Eksplanatif tentang Pengaruh Kredibilitas Idang Rasjidi sebagai Brand Endorser dan Rekomendasi Kelompok Referensi terhadap Tingkat Motivasi Memilih Kursus Musik Omah Moesik Idang Rasjidi Pekalongan Pada Siswa Omah Moesik Idang Rasjidi di Kota Pekalongan). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM02317.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM02317.pdf Download (381kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM02317.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
||
Text (Bab III)
3KOM02317.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM02317.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
Geliat perekonomian dunia yang cukup signifikan menimbulkan persaingan yang lebih ketat di dalam dunia usaha. Produsen harus semakin hatihati dan tanggap dalam memahami keinginan dan kebutuhan khalayak, serta dapat mengkomunikasikan produk secara tepat agar dapat mendapat respon positif dari konsumen. Penggunaan brand endorser salah satu strategi pemasaran yang banyak digunakan para pemasar untuk menarik perhatian khalayak. Penggunaan brand endorser diharapkan dapat memunculkan asosiasi yang positif antara produk dan brand endorser. Bisnis sekolah atau kursus musik adalah salah satu dari sekian banyak produk yang memanfaatkan brand endorser dari kalangan selebriti untuk menarik perhatian khalayak dan meningkatkan nilai jualnya. Salah lembaga kursus musik yang menggunakan celebrity endorser adalah milik Idang Rasjidi. Idang Rasjidi sendiri adalah seorang musisi jazz senior Indonesia. Penelitian ini ingin melihat bagaimana pengaruh kredibilitas Idang Rasjidi sebagai brand endorser terhadap tingkat motivasi siswa dalam memilih lembaga kursus Omah Moesik milik Idang Rasjidi. Berdasarkan hasil survey terhadap 75 orang siswa Omah Moesik yang lolos kriteria sampel didapatkan beberapa hasil mengenai pengaruh kredibilitas Idang Rasjidi sebagai brand endorser terhadap tingkat motivasi siswa dalam memilih lembaga kursus Omah Moesik milik Idang Rasjidi. Sebanyak 86,7% responden mengkatogorikan Idang Rasjidi memiliki kredibilitas yang tinggi. Hasil yang lain adalah bahwa sebanyak 66,7% responden memiliki tingkat motivasi yang kuat dan sebanyak 82,7 % responden tersebut mendapatkan referensi mengenai Omah Moesik dari kelompok referensi. Hasil uji pengaruh menunjukkan bahwa kredibilitas kredibilitas Idang Rasjidi sebagai brand endorser dan kelompok referensi bersama-sama berpengaruh terhadap tingkat motivasi siswa memilih kursus di Omah Moesik. Berdasarkan hasil penelitian yang ada, peneliti merangkum beberapa kesimpulan mengenai penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas tinggi yang dimiliki Idang Rasjidi mempengaruhi tingkat motivasi siswa untuk memilih Omah Moesik sebagai produk jasa pilihan mereka. Selain itu rata-rata siswa mendapatkan rekomendasi mengenai Omah Moesik berdasarkan informasi dari kelompok referensi. Berdasarkan hasil tersebut saran yang muncul adalah Omah Moesik dan Idang Rasjidi masing-masing harus menjaga citra mereka masing-masing. Hal ini cukup riskan dikarenakan jika salah satu pihak mengalami penurunan citra maka akan saling berpengaruh satu sama lain. Selain itu gejala multikolinieritas yang muncul dapat menjadi suatu perhatian khusus bahwa ternyata kelompok referensi sebagai variabel kontrol memiliki potensi untuk memprediksi maupun mengasumsikan penyebab-penyebab dalam proses berkembanganya Omah Moesik. Kelompok referensi menjadi salah satu hal yang tidak dapat diremehkan oleh Omah Moesik dan Idang Rasjidi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | brand endorser, tingkat motivasi, kelompok referensi, Idang Rasjidi, Omah Moesik |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 29 May 2013 08:26 |
Last Modified: | 29 May 2013 08:26 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1871 |
Actions (login required)
View Item |