STRATEGI PESAN PERSUASIF SELEBGRAM HENJI WONG DALAM AKUN INSTAGRAM @henjiwong

SAPUTRA, HARDI ALI (2019) STRATEGI PESAN PERSUASIF SELEBGRAM HENJI WONG DALAM AKUN INSTAGRAM @henjiwong. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05124.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pesan persuasif Henji Wong dalam akun instagram @henjiwong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi narasumber. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber yang dilakukan dengan cara mengecek hasil wawancara dengan dokumentasi yang berupa screenshoot caption yang berasal dari unggahan foto di akun Instagram @henjiwong. Metode analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, peneliti menemukan strategi pesan persuasif yang dilakukan Henji Wong dalam menulis caption dimulai dari menentukan target, merencanakan pesan, dan produksi pesan yang dimulai dari (1) judul pesan, (2) isi informasi, (3) hasil review, (4) kesimpulan dan (5) kata ajakan. Hasil dari analisis peneliti menemukan bahwa pesan yang digunakan oleh Henji Wong lebih sering menggunakan susunan pesan piramida yang dimana terjadi pada saat produksi pesan yang terdiri dari judul, isi informasi, hasil review, kesimpulan, dan kata ajakan yang melibatkan aspek pesan rasional dan emosional. Kekuatan pesan yang ditulis oleh Henji Wong adalah pesan satu sisi bersifat positif dimana fokus pesan adalah ingredient yang digunakan pada makanan dan apabila informasi ingredients yang diberikan perusahaan sesuai dengan makanan yang telah dicicipi Henji Wong menuliskan secara jujur. Namun informasi ingredients yang diberikan perusahaan tidak sesuai dengan makananyang telah dicicipi Henji Wong tidak menuliskan kata “tidak enak” namun menyiasatinya dengan cara memberikan pertanyaan. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pesan persuasif yang dimiliki Henji Wong melalui 3 tahapan yaitu (1) menentukan target sasaran follower berumur 18-38 yang ingin mencoba makanan baru dan enak, (2) merencanakan pesan dengan melakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan bahan makanan dan pemilihan kata yang sesuai dengan target sasaran agar mudah diterima dan dipahami oleh follower. (3) produksi pesan dengan mengedepankan 5 struktur pesan yaitu judul pesan, isi informasi, hasil review, kesimpulan dan kata ajakan. Peneliti memberikan saran sebagai berikut: (1) Untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti efektivitas caption yang dimiliki Henji Wong terhadap minat beli produk makanan. (2) Peneliti melihat caption tidak menyertakan unsur pesan yang cukup kuat melekat pada makanan yang dapat diterima oleh kelompok tertentu seperti contohnya statement halal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pesan Persuasif, Selebgram, Endorser, Instagram
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Jun 2019 01:51
Last Modified: 11 Jun 2019 01:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18888

Actions (login required)

View Item View Item