PENGARUH FAKTOR CONSUMER DRIVERS, BRAND DRIVERS, DAN SOCIAL DRIVERS TERHADAP LOYALITAS MEREK ( Studi Eksplanatif Pengaruh Faktor Consumer Drivers, Brand Drivers, dan Social Drivers Terhadap Loyalitas Konsumen pada Café Coklat Yogyakarta)

Epifany, Sebastianus (2010) PENGARUH FAKTOR CONSUMER DRIVERS, BRAND DRIVERS, DAN SOCIAL DRIVERS TERHADAP LOYALITAS MEREK ( Studi Eksplanatif Pengaruh Faktor Consumer Drivers, Brand Drivers, dan Social Drivers Terhadap Loyalitas Konsumen pada Café Coklat Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02768.pdf

Download (16MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02768.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM02768.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02768.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02768.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Café Coklat adalah salah satu café yang sedang berkembang popularitasnya di kalangan masyarakat Yogyakarta. Seiring berkembangnya popularitas dan bertambahnya penghasilan café tersebut dari hasil penjualan produknya, café tersebut berusaha untuk selalu memberikan kenyamanan dengan pelayanan dan fasilitas yang terbaik disertai kualitas rasa dari menu yang semakin enak dan cocok dengan lidah para konsumennya. Dengan segala hal yang diberikan oleh café coklat, diharapkan konsumen café coklat dapat menjadi loyal terhadap merek café coklat itu sendiri. Marc Gobe mengatakan dalam bukunya bahwa kesalahan terbesar dalam strategi branding adalah keyakinan bahwa branding berkaitan dengan pangsa pasar, padahal branding sesungguhnya berkaitan dengan “ Pangsa pikiran dan emosi”. Maksud dari hal tersebut adalah bahwa strategi branding sebenarnya berkaitan dengan pikiran dan emosi dari para konsumen sehingga dengan hal tersebut bisa menciptakan keterikatan antara konsumen dengan merek. Café Coklat dalam hal ini menunjukkan bahwa tanpa biarpun tanpa melakukan beragam aktivitas promosi, namun tetap bias mengikat mereknya dengan pikiran dan emosi dari para konsumennya, sehingga jumlah konsumennya selalu bertambah banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor consumer drivers, brand drivers, dan social drivers, terhadap loyalitas merek pada konsumen Café Coklat. Penelitian ini bersifat eksplanatif dengan tiga variabel pengaruh ( variabel consumer drivers, brand drivers, dan social drivers) dan satu variabel terpengaruh ( variabel loyalitas merek). Instrumen pada penelitian ini adalah kuesioner pada 70 responden dengan menggunakan accidental sampling. Berdasarkan hasil penelitian dengan analisis korelasi berganda didapatkan hasil bahwa ketiga variabel pengaruh mempunyai hubungan dengan variabel pengaruh ( loyalitas merek). Hasil Regresi linier berganda juga menunjukkan bahwa secara simultan faktor consumer drivers, brand drivers, dan social drivers mempunyai pengaruh yang kuat terhadap loyalitas merek pada konsumen café coklat. Hasil Uji signifikansi pada tabel Anova juga menunjukkan bahwa ketiga faktor tersebut mempunyai pengaruh siginifikan terhadap loyalitas merek. Dalam pengujian secara sendiri-sendiri, ternyata faktor yang berpengaruh hanyalah faktor consumer drivers, sedangkan faktor brand drivers dan social drivers menunjukkan hasil tidak berpengaruh siginifikan terhadap loyalitas merek.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Faktor Consumer drivers, Faktor Brand Drivers, Faktor Social Drivers, Loyalitas merek
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 May 2013 09:16
Last Modified: 29 May 2013 09:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1890

Actions (login required)

View Item View Item