OPINI PENGGUNA AKUN FACEBOOK TERHADAP GERAKAN ANIMAL FRIENDS JOGJA (AFJ) (Studi Analisis Isi Media Sosial Akun Facebook AFJ Terhadap Gerakan AFJ Mempetisi McDonald's Indonesia dalam Penggunaan Kandang Baterai Ayam pada Tahun 2016)

Restika, Widi Surya (2019) OPINI PENGGUNA AKUN FACEBOOK TERHADAP GERAKAN ANIMAL FRIENDS JOGJA (AFJ) (Studi Analisis Isi Media Sosial Akun Facebook AFJ Terhadap Gerakan AFJ Mempetisi McDonald's Indonesia dalam Penggunaan Kandang Baterai Ayam pada Tahun 2016). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Widi Restika Surya)
KOM04697.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan arah opini pengguna facebook terhadap aksi gerakan sosial Animal Friends Jogja di media sosial facebook. Metode penelitian ini adalah analisis isi. Ada tiga konsep yang tercakup di dalam analisis isi. Pertama, analisis ini bersifat sistematis. Hal ini berarti isi yang akan dianalisis dipilih menurut aturan-aturan yang ditetapkan secara implisit, misalnya: cara penentuan sampel. Kedua, analisis isi bersifat obyektif. Ketiga, analisis isi bersifat deskriptif kuantitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat pengguna facebook memberikan opini dalam bentuk kritikan pada masing-masing coder sebesar 53,9% terhadap aksi gerakan AFJ menentang penggunaan kandang baterai pada ayam yang disampaikan ke pihak McD. Sedangkan untuk arah opini pengguna facebook terhadap aksi gerakan sosial AFJ yang menentang penggunaan kandang baterai pada ayam yang disampaikan oleh pihak AFJ adalah negative feedback atau bersifat kontra sebesar 61,3% terhadap aksi gerakan AFJ menentang penggunaan kandang baterai pada ayam yang disampaikan ke McD.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Animal Friends Jogja (AFJ), Gerakan Sosial, dan Opini Publik
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 23 Aug 2019 04:36
Last Modified: 23 Aug 2019 04:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19713

Actions (login required)

View Item View Item