PENGARUH SALURAN KOMUNIKASI TERHADAP TINGKAT TINDAKAN PEMBELIAN BERDASARKAN TINGKAT MINAT BELI (Studi Kuantitatif Eksplanatif Tentang Pengaruh Saluran Komunikasi Terhadap Tingkat Tindakan Pembelian berdasarkan Tingkat Minat Beli pada Konsumen Yamie Panda Cabang Megatruh)

SANTOSA, ABRIL TOPAN (2019) PENGARUH SALURAN KOMUNIKASI TERHADAP TINGKAT TINDAKAN PEMBELIAN BERDASARKAN TINGKAT MINAT BELI (Studi Kuantitatif Eksplanatif Tentang Pengaruh Saluran Komunikasi Terhadap Tingkat Tindakan Pembelian berdasarkan Tingkat Minat Beli pada Konsumen Yamie Panda Cabang Megatruh). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ABRIL TOPAN SANTOSA)
KOM04647.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Saluran Komunikasi terhadap Tingkat Tindakan Pembelian berdasarkan Tingkat Minat Beli”. Masalah dalam penelitian ini bagaimana pengaruh saluran komunikasi terhadap tindakan pembelian berdasarkan minat beli pada konsumen Yamie Panda, sehingga teori yang digunakan adalah komunikasi pemasaran, periklanan, saluran komunikasi, minat beli, dan tindakan pembelian. Saluran komunikasi yang diartikan sebagai saluran komunikasi merupakan sebuah perangkat yang bertugas untuk menerima dan mengirimkan pesan (Wiryanto, 2004:16) digunakan untuk mengukur pengaruhnya terhadap tindakan pembelian yakni serangkaian proses dan kegiatan yang berkaitan dengan upaya memuaskan kebutuhan dan keinginan seseorang mulai dari pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian hingga evaluasi pasca pembelian (Morrisan, 2015:84) berdasarkan minat beli konsumen yakni perilaku yang muncul sebagai respon terhadap objek yang menunjukkan keinginan pelanggan untuk melakukan pembelian (Kotler, 2002:15) dengan tingkatan minat eksploratif, referensial, transaksional, dan preferensial (Ferdinand, 2002:129). Penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian kuantitatif eksplanatif dengan metode survei, sehingga alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Sample yang dipilih adalah sebanyak 382 orang dari populasi pengunjung Yamie Panda cabang Megatruh. Responden dipilih menggunakan accidental sampling yang termasuk dalam teknik nonprobability sampling. Hipotesis yang diajukan adalah saluran komunikasi seecara signifikan mempengaruhi tindakan pembelian berdasarkan minat beli konsumen Yamie Panda, oleh karena itu pengukuran data menggunakan skala Likert, sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi moderasi dan regresi linear sederhana. Pada uji validitas dan reliabilitas seluruh instrumen variabel saluran komunikasi, tindakan pembelian, dan minat beli dinyatakan valid dan reliabel. Data yang ditemukan menunjukkan nilai saluran komunikasi, tindakan pembelian, dan minat beli didominasi oleh responden yang berada di kategori sedang. Hasil analisis regresi linear sederhana (0,935) maupun regresi moderasi (0,974) menunjukkan pengaruh yang sangat kuat antara saluran komunikasi terhadap tindakan pembelian berdasarkan minat beli. Terdapat kenaikan nilai pada regresi moderator sebesar 0,039 dengan persentase pengaruh sebesar 7,3%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah saluran komunikasi sangat kuat mempengaruhi tindakan pembelian konsumen Yamie Panda dan minat beli mampu meningkatkan pengaruh tersebut. Penulis mengharapkan penelitian ini bisa dijadikan acuan dalam perancangan strategi komunikasi pemasaran khususnya berkaitan dengan penggunaan saluran komunikasi dengan tujuan menciptakan atau meningkatkan tindakan pembelian pada calon konsumennya. Pada penelitian selanjutnya diharap menggunakan hal saluran komunikasi lainnya, sehingga dapat dibandingkan saluran komunikasi manakah yang lebih efektif dalam upaya meningkatkan tindakana pembelian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Saluran komunikasi, tindakan pembelian, minat beli, Instagram, baliho.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 28 Aug 2019 03:32
Last Modified: 28 Aug 2019 03:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19780

Actions (login required)

View Item View Item