PROSES KOMUNIKASI DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN BURUH GENDONG DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA

Darmana, Putu Indah Rosarini (2019) PROSES KOMUNIKASI DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN BURUH GENDONG DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Putu Indah Rosarini Darmana)
KOM05682.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang proses komunikasi yang digunakan oleh Yayasan Annisa Swasti dalam upaya pemberdayaan buruh gendong di Pasar Beringharjo Yogyakarta. Melalui penelitian ini, penulis dapat memberikan sumbangan pengetahuan terkait proses komunikasi yang diimplementasikan dalam pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat, salah satunya adalah pemberdayaan kepada buruh gendong. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode penelitian deskriptif. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam kepada tiga narasumber utama yakni direktur, ketua I, dan ketua II dari Yayasan Annisa Swasti. Penulis juga menggunakan teknik studi dokumentasi dengan mengumpulkan data yang relevan seperti tulisan dokumen maupun foto-foto kegiatan sebagai bukti aktivitas yang pernah dilakukan. Hasil dari penelitian ini yaitu proses komunikasi dilihat dari perencanaan komunikasi strategis yang diturunkan dalam wujud visi, misi, dan tujuan dari organisasi untuk menjawab isu-isu strategis yang diangkat oleh Yayasan Annisa Swasti. Proses komunikasi dilihat dari perencanaan komunikasi operasional diturunkan dalam wujud infrastruktur komunikasi dan program komunikasi yang dilakukan. Perencanaan komunikasi strategis merupakan perencanaan jangka panjang, dimana terdapat proses pengalokasian sumber daya yang didalamnya termasuk sumber daya modal dan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan organisasi. Perencanaan komunikasi operasional berperan penting dalam pengimplementasian program pemberdayaan yang dilakukan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Proses komunikasi, perencanaan komunikasi strategis dan operasional, pemberdayaan perempuan, buruh gendong
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:49
Last Modified: 05 Sep 2019 02:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19869

Actions (login required)

View Item View Item