OPTIMASI JUMLAH PASOKAN KELAPA SAWIT DAN WAKTU PELAYANAN KENDARAAN TRANSPORTASI (Studi Kasus: Kalimantan Barat)

KATRILIA, TIYA (2019) OPTIMASI JUMLAH PASOKAN KELAPA SAWIT DAN WAKTU PELAYANAN KENDARAAN TRANSPORTASI (Studi Kasus: Kalimantan Barat). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
TI084780.pdf

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TI084781.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
TI084782.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img] Text (BAB III)
TI084783.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
TI084784.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PT. Agronusa Investama 2 Pahauman adalah salah satu anak perusahaan yang berada dibawah manajemen Wilmar Plantation, PT. Wilmar International Plantations. Perusahaan ini terletak di Jalan Raya Pahauman-Saham, Dusun Kepayang, Desa Sebatih, Kalimantan Barat. Penelitian Tugas Akhir dilakukan di pabrik pengolahan kelapa sawit PT. Agronusa Investama 2 Pahauman. Pabrik PT. Agronusa Investama 2 Pahauman menghasilkan produk, antara lain minyak sawit mentah/crude palm oil (CPO) dan inti sawit/palm kernel (PK). Masalah yang terdapat pada pabrik adalah bagaimana menentukan jumlah pasokan kelapa sawit dan proses penjadwalan inbound-outbound kendaraan. Hal yang perlu dipertimbangkan adalah waktu operasional perusahaan dan keterbatasan fasilitas layanan (jumlah dan kapasitas). Dalam mengatasi masalah tersebut, perusahaan perlu mengelola jumlah pasokan yang diterima dan waktu pelayanan kendaraan berdasarkan jumlah dan jenis kendaraan yang akan memasok kelapa sawit. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan jumlah pasokan kelapa sawit dan waktu layanan kendaraan yang optimal. Kriteria optimal yang dimaksud adalah jumlah kebutuhan pasokan yang belum tercukupi dan total waktu layanan kendaraan minimum. Metode penyelesaian dalam penelitian terbagi menjadi 2 level penyelesaian. Level pertama adalah membuat model matematis menggunakan Linear Programming. Formulasi model matematis dapat dibentuk namun dalam pencarian solusi memerlukan tahapan pengerjaan yang panjang dengan waktu yang sangat lama. Oleh karena itu, digunakan pendekatan level kedua dengan logika formulasi yang sama pada pendekatan level pertama. Level kedua melakukan pencarian solusi secara bertahap. Tahap pertama adalah pendekatan metaheuristik menggunakan Particle Swarm Optimization dengan bantuan program berbahasa C#. Tahap kedua adalah penjadwalan inbound-outbound kendaraan menggunakan bantuan Microsoft Excel yang dilengkapi dengan Gantt Chart. Pada level kedua, pencarian solusi dilakukan dengan tahapan pengerjaan yang singkat dan tidak memerlukan waktu yang sangat lama. Selain itu, level kedua mampu mempertimbangkan semua batasan masalah. Dengan demikian, penelitian ini mampu memberikan usulan metode perhitungan untuk mendapatkan jumlah pasokan kelapa sawit dan waktu layanan kendaraan yang optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan Pasokan, Pasokan, Waktu Layanan, Penjadwalan, Inbound-Outbound, Kendaraan Transportasi, Waktu Operasional Perusahaan, Keterbatasan Fasilitas Layanan, Optimal, Model Matematis, Linear Programming, Particle Swarm Optimization (PSO), C Sharp (C#), Microsoft Excel, Gantt Chart.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 12 Sep 2019 05:52
Last Modified: 12 Sep 2019 05:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19946

Actions (login required)

View Item View Item