“PENGARUH TERPAAN PESAN KAMPANYE PILPRES di INSTAGRAM TERHADAP TINGKAT KESADARAN POLITIK PEMILIH PEMULA PELAJAR di KOTA YOGYAKARTA”

RAJAGUKGUK, CHRISTIEN MARGARETH (2019) “PENGARUH TERPAAN PESAN KAMPANYE PILPRES di INSTAGRAM TERHADAP TINGKAT KESADARAN POLITIK PEMILIH PEMULA PELAJAR di KOTA YOGYAKARTA”. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (CHRISTIEN MARGARETH RAJAGUKGUK)
KOM05831.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi turut mempengaruhi strategi kampanye khususnya pada Pilpres 2019. Salah satu buktinya adalah kampanye yang dilakukan oleh paslon 01 dan 02 selama masa Pilpres banyak menggunakan media sosial, khususnya Instagram. Pemilihan media sosial sebagai media kampanye bukan tanpa alasan. Melihat potensi suara pemilih pemula yang besar, ditambah dengan intensitas penggunaan media sosial yang tinggi, tak anyal membuat kedua paslon banyak berkecimpung dalam media sosial seperti Facebook, Twitter, YouTube dan Instagram dengan intensitas tertinggi di Instagram persentase paslon 01 46,50% dan paslon 02 52,96%. Upaya dari kampanye tentu adalah partisipasi. Melihat bagaimana pergeseran model kampanye pada Pilpres 2019 kali ini, peneliti ingin melihat bagaimana pengaruh yang dihasilkan dari Terpaan Pesan Kampanye Pilpres di Instagram terhadap tingkat Kesadaran Politik Pemilih Pemula Pelajar di Kota Yogyakarta. Kesadaran politik diambil sebagai wujud partisipasi politik, dengan kata lain diperlukan sebuah kesadaran politik sebelum akhirnya terjadi partisipasi politik. Dengan mengambil sampel 100 responden yang merupakan pemilih pemula pelajar dari SMA Negeri 1 Yogyakarta, SMA Negeri 3 Yogyakarta dan SMA Negeri 8 Yogyakarta, peneliti melakukan penyebaran kuisioner dengan sebelumnya menentukan kriteria responden menggunakan teknik purposive sampling; merupakan pemilih pemula, pelajar dari salah satu SMA terpilih, mengikuti (follow) akun Instagram salah satu paslon 01 atau 02. Pengukuran terpaan menggunakan tiga indikator; frekuensi, durasi dan atensi. Sedangkan kesadaran politik menggunakan tiga indikator; pengetahuan, pemahaman dan sikap. Setelah dilakukan uji korelasi didapati angka koefisien korelasi adalah 0,478 yang berarti derajat hubungan antara terpaan pesan kampanye di Instagram terhadap tingkat kesadaran politik berada pada derajat sedang dan hubungan kedua variabel adalah positif. Berdasarkan hasil uji regresi sederhana, didapati persamaan Y= 40.780 + 0,544X. dengan hasil analisis koefisien korelasi adalah sebesar R= 0,478. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Pengaruh Terpaan Pesan Kampanye Pilpres di Instagram terhadap Kesadaran Politik Pemilih Pemula Pelakar adalah sedang dengan hasil R Square yang merupakan koefisien determinasi sebesar 0,228 yang artinya kekuatan Pengaruh Pesan Kampanye Pilpres di Instagram terhadap Kesadaran Politik Pemilih Pemula (Y) adalah sebesar 22,8% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terpaan Pesan, Kesadaran Politik, Uji Regresi Linear Sederhana, Pengetahuan, Pemahaman, Sikap, Tindakan, Kampanye Pilpres
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 30 Sep 2019 01:53
Last Modified: 30 Sep 2019 01:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20139

Actions (login required)

View Item View Item