GAYA KOMUNIKASI PIMPINAN PT ASURANSI CENTRAL ASIA SOLO (Studi Deskriptif Gaya Komunikasi Kepala Cabang PT Asuransi Central Asia Solo Sejak Juli 2016 )

MAHARANI, AGATHA ELISSA (2019) GAYA KOMUNIKASI PIMPINAN PT ASURANSI CENTRAL ASIA SOLO (Studi Deskriptif Gaya Komunikasi Kepala Cabang PT Asuransi Central Asia Solo Sejak Juli 2016 ). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (AGATHA ELISSA MAHARANI)
KOM04705.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Komunikasi dalam organisasi penting untuk dibangun dan dibina oleh seluruh anggota organisasi karena tanpa adanya komunikasi, keruntuhan organisasi dapat terjadi. Komunikasi dalam organisasi juga penting saat terjadi perubahan dalam organisasi agar tidak memicu kontroversi dan kebingungan bagi para karyawan. PT ACA Solo mengalami masa perubahan tersebut dengan adanya pergantian pimpinan. Pemimpin dituntut untuk memiliki memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik untuk menyampaikan perubahan tersebut kepada karyawan dan membuat mereka meyakininya menjadi tujuan bersama melalui gaya komunikasi. Penelitian deskriptif kualitatif dilakukan untuk menganalisis gaya komunikasi yang digunakan pemimpin PT ACA Solo. Data diperoleh melalui wawancara kepada kepala cabang kemudian dilakukan olah data berdasarkan hasil wawancara tersebut. Peneliti menggunakan teori enam jenis gaya komunikasi dalam organisasi menurut Steward L. Tubbs dan Sylvia Moss untuk melihat gaya komunikasi pemimpin di PT ACA Solo. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa pemimpin PT ACA Solo menggunakan gaya komunikasi tipe The Structuring Style. Komunikasi yang bersifat satu arah banyak digunakan pemimpin dalam berkomunikasi dengan karyawan, baik itu untuk menegaskan peraturan atau tata tertib, mendelegasikan tugas atau pekerjaan pada karyawan dan dalam pengambilan keputusan. Pemimpin mengkomunikasikan rencana dan strategi yang telah ia susun dengan jalan berbagi informasi tentang tujuan yang ingin dicapai yaitu mencapai target perusahaan. Hal ini dilakukan pemimpin dengan selalu menekankan kedisiplinan kerja karyawan yang berlaku dan harus ditaati bagi seluruh anggota organisasi tak terkecuali bagi dirinya sendiri sebagai pemimpin PT ACA Solo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi organisasi, komunikasi ke bawah, pimpinan, gaya komunikasi.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 30 Sep 2019 03:20
Last Modified: 30 Sep 2019 03:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20149

Actions (login required)

View Item View Item