LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR DISUSUN OLEH: PROGRAM STUDI ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA 2019 HOMEY APARTMENT DI SLEMAN

BENEVOLENTIA, BENEVOLENTIA (2019) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR DISUSUN OLEH: PROGRAM STUDI ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA 2019 HOMEY APARTMENT DI SLEMAN. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (BENEVOLENTIA)
TA16165.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Manusia memiliki kebutuhan pokok yang terdiri dari tiga faktor yaitu: sandang, pangan, dan papan. Sandang memiliki arti pakaian, pangan memiliki arti makan dan minum, sedangkan papan memiliki arti tempat tinggal. Tempat tinggal atau tempat bermukim tidak hanya berfungsi untuk melindungi manusia dari ancaman cuaca dan lingkungan, namun juga memiliki fungsi sebagai tempat beristirahat. Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang memiliki kebutuhan akan tempat tinggal yang cukup tinggi. Peningkatan kebutuhan akan tempat tinggal disebabkan oleh peningkatan jumlah penduduk terutama di Kabupaten Sleman. PEningkatan jumlah penduduk tersebut disebabkan oleh perkembangan daerah dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan lain-lain. Sehingga masyarakat yang berdomisili di D.I. Yogyakarta bukan hanya masyarakat asli namun juga pendatang dari berbagai daerah di Indonesia. Menanggapi masalah tingginya kebutuhan akan tempat tinggal, perkembangan daerah, dan masyarakat modern. Konsep apartemen yang simpel dan praktis mampu menjawab permasalahan tersebut. Praktis dan simpel yang dimaksudkan adalah penghuni apartemen tidak perlu mencemaskan pemeliharaan bangunan. Apartemen juga dilengkapi fasilitas sehingga penghuni tidak perlu cemas akan menghabiskan waktu untuk perjalanan yang jauh. Namun, walaupun adanya keinginan akan tempat tinggal yang lebih praktis dan simpel, terdapat juga keinginan akan tempat tinggal yang memiliki suasana yang ‘merumah’. Keinginan akan suasana ‘merumah’ tiap-tiap manusia dari berbagai daerah di Indonesia tidak sama. Sehingga memerlukan jawaban desain yang universal yang mampu menciptakan suasana ‘merumah’ secara umum. Pendekan desain yang fleksibel dan mampu menggabungkan beberapa unsur desain lain mampu dijawab oleh pendekatan Desain Kontemporer. Selain merupakan pendekatan desain yang fleksibel, Desain Kontemporer juga merupakan pendekatan desain abad ini. Sehingga diharapkan desain apartemen yang dirancang tidak akan ketinggalan jalan untuk tahun-tahun kedepan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Apartemen, Hunian, D.I. Yogyakarta, Sleman, Homey, Kontemporer
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 01 Oct 2019 04:58
Last Modified: 01 Oct 2019 04:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20174

Actions (login required)

View Item View Item