IMPLEMENTASI PROGRAM HUBUNGAN PELANGGAN DALAM UPAYA MENCIPTAKAN LOYALITAS PELANGGAN TERHADAP PERUSAHAAN (Studi Deskriptif Kualitatif Implementasi Program dan Tanggapan Pelanggan RPM Body Fitness Hartono Mall Solo Baru)

TANTIA, SHERILYN ALVIANA (2019) IMPLEMENTASI PROGRAM HUBUNGAN PELANGGAN DALAM UPAYA MENCIPTAKAN LOYALITAS PELANGGAN TERHADAP PERUSAHAAN (Studi Deskriptif Kualitatif Implementasi Program dan Tanggapan Pelanggan RPM Body Fitness Hartono Mall Solo Baru). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (SHERILYN ALVIANA TANTIA)
KOM05325.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada hubungan pelanggan yang dapat menciptakan loyalitas pada pelanggan yang ada di RPM Body Fitness Hartono Mall Solo Baru. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori-teori public relations, konsep hubungan pelanggan, serta loyalitas pelanggan. Peneliti menggunakan beberapa narasumber, yakni manajer, instruktur olahraga, serta beberapa pelanggan yang ada di RPM Body Fitness Hartono Mall Solo Baru. Penelitian ini pula menggunakan metode penelitian studi deskriptif kualitatif. Penelitian ini melakukan analisis terhadap implementasi program hubungan pelanggan yang dapat menciptakan loyalitas daripada pelanggan terhadap perusahaan. RPM Body Fitness Hartono Mall Solo Baru merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa. Perusahaan ini menyediakan tempat bagi pelanggannya untuk berolahraga. Perusahaan ini juga melakukan berbagaimacam upaya untuk menciptakan sebuah hubungan antara pelanggan dengan perusahaan yang loyal. Upaya yang dilakukan oleh perusahaan yakni beberapa program kegiatan (event) yang tentunya melibatkan pelanggan. Upaya pelanggan juga dilengkapi oleh sarana komunikasi untuk menggapai pelanggan, seperti whatsapp, instagram, dan line@. Peneliti dalam melakukan penelitian ini menggunakan tiga metode pencarian data, yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Ketiga metode tersebut digunakan untuk mengamati implementasi program hubungan pelanggan yang dilakukan oleh RPM Body Fitness Hartono Mall Solo Baru untuk menciptakan suatu loyalitas daripada pelanggan kepada perusahaan. Pada penelitian ini, peneliti mendapatkan bahwa, perusahaan telah melakukan berbagai macam upaya untuk membangun hubungan dengan pelanggannya. Upaya tersebut dengan menyediakan program-program kegiatan (event) yang melibatkan pelanggan. Peneliti juga mendapatkan bahwa upaya-upaya tersebut menciptakan sebuah loyalitas daripada pelanggan terhadap perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Public Relations, Hubungan Pelanggan, Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Custom Relations Management, RPM Body Fitness, RPM Body Fitness Hartono Mall Solo Baru
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 09 Oct 2019 06:32
Last Modified: 09 Oct 2019 06:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20272

Actions (login required)

View Item View Item