PENGUJIAN KORELASI ASPEK USABILITY NIELSEN MODEL UNTUK MENGEVALUASI BAGIAN PENJADWALAN SITUS E-LEARNING

Hariningtyas, Yohanes Bonar (2019) PENGUJIAN KORELASI ASPEK USABILITY NIELSEN MODEL UNTUK MENGEVALUASI BAGIAN PENJADWALAN SITUS E-LEARNING. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TIF085400.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TIF085401.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TIF085402.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TIF085403.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text (BAB IV)
TIF085404.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text (BAB V)
TIF085405.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TIF085406.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi merubah berbagai rancangan pembelajaran terlebih dengan munculnya berbagai inovasi yang baru. E-learning sangat menunjang terlebih untuk proses belajar mengajar. Penelitian ini memfokuskan kepada calendar situs E-learning dikarenakan penjadwalan mahasiswa di dalam calendar sangat penting untuk menjadi pengingat dan target dari mahasiswa itu sendiri. Penelitian ini menggunakan teknologi eye tracker untuk melacak aktivitas mata responden dari pengerjaan task-task yang secara langsung mendapatkan pola dari responden. Dalam penelitian ini menggunakan kuesioner berdasarkan 5 aspek usability dari Nielsen model yang digunakan untuk mengukur korelasi aspek yang ada. Kemudian akan dihubungkan dengan fixation dan heatmap dari aktivitas mata responden. Proses pengolahan data kuesioner diuji menggunakan uji validitas reabilitas, uji normalitas dan uji korelasi spearman. Sedangkan proses pengolahan data eye tracker menggunakan R-Studio untuk memperoleh fiksasi dan heatmap. Dari 5 aspek usability didapat korelasi tertinggi yaitu aspek efficiency dan satisfaction dengan angka 0.715 dan terendah yaitu aspek memorability dan errors dengan angka 0.484. Data heatmap dan fiksasi yang ada pada task 1 cenderung responden tidak pada posisi AOI yang tepat, 86% responden pada posisi center, posisi yang tepat pada posisi AOI left tab. Pada task 2 dan task 3 responden sudah pada posisi yang tepat yaitu 91% responden pada posisi AOI center untuk task 1 dan 100% responden pada posisi AOI center untuk task 2. Interaksi pengguna dengan antarmuka yang digambarkan dari hasil AOI tidak 100% pada posisi AOI yang tepat

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: AOI (Area of Interest), Eye tracking, Usability, Nielsen model, E-learning.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: wiwid bartolomeus wijayanto
Date Deposited: 08 Nov 2019 05:11
Last Modified: 08 Nov 2019 05:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20658

Actions (login required)

View Item View Item