ANALISIS BIAYA VOLUME LABA SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA PADA SENOPATI KOPI

Tri Astari, Margaretha Mayang (2019) ANALISIS BIAYA VOLUME LABA SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA PADA SENOPATI KOPI. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
EA219240.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
EA219241.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
EA219242.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
EA219243.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text (BAB IV)
EA219244.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
EA219245.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Senopati Kopi adalah sebuah coffee shop yang berlokasi di Jl. Panembahan Senopati, Senopati Square No.1, Magelang Selatan, Jawa Tengah. Senopati Kopi baru mulai beroperasional pada Oktober 2018. Berdirinya Senopati Kopi masih dibilang cukup awal, maka penting bagi pihak manajemen untuk membuat perencanaan laba. Agar dalam menjalankan bisnisnya, Senopati Kopi memiliki acuan dalam target penjualan, sehingga Senopati Kopi tidak mengalami kerugian, mampu memperoleh laba yang diharapkan dan mampu bertahan dalam kondisi ekonomi yang akan dihadapi kelak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah unit produk yang harus terjual per tahun untuk mencapai titik impas (BEP) dan mengetahui pendapatan minimum per tahun yang harus dicapai. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah – langkah analisis data meliputi : (1) mengelompokkan produk lalu menentukan harga rata-rata setiap kelompok produk, (2) menentukan biaya tetap dan biaya variabel rata-rata setiap kelompok produk, (3) menentukan marjin kontribusi setiap kelompok produk dengan mengurangkan harga jual rata-rata dengan biaya variabel rata-rata setiap kelompok produk, (4) menentukan rasio marjin kontribusi setiap kelompok produk dengan membagi marjin kontribusi dengan harga jual rata-rata (5) menghitung BEP dalam rupiah dengan membagi biaya tetap satu tahun dengan rasio marjin kontribusi setiap kelompok produk. Hasil analisis pada Bab IV menunjukkan bahwa untuk mencapai titik impas per tahun, Senopati Kopi harus meraih Rp 271.984.056 dari kelompok kopi, Rp 160.502.224 dari kelompok non coffee, Rp 62.163.182 dari kelompok makanan. Total pendapatan minimum per tahun yang harus dicapai dari penjualan produk di Senopati Kopi sebesar Rp 494.649.462.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis Biaya Volume Laba, Break Even Point, Coffee Shop.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Jan 2020 03:34
Last Modified: 14 Jan 2020 03:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20832

Actions (login required)

View Item View Item