PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARBUDAYA ANTARA MASYARAKAT TIONGHOA DI KAMPUNG KETANDAN YOGYAKARTA DENGAN WARGA ASLI YOGYAKARTA

VELDA, GRACE CYNTHIA (2019) PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARBUDAYA ANTARA MASYARAKAT TIONGHOA DI KAMPUNG KETANDAN YOGYAKARTA DENGAN WARGA ASLI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05570.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kampung Ketandan bisa dikatakan menjadi saksi lahirnya akulturasi masyarakat keturunan Tionghoa dengan masyarakat Yogyakarta. Meskipun hampir seluruh penduduk Kampung Ketandan adalah etnis Tionghoa, tetapi aktifitas setiap harinya yaitu perdagangan yang selalu melibatkan banyak masyarakat asli Yogyakarta (pribumi). Banyak warga asli Yogyakarta yang berdagang maupun membantu proses perdagangan masyarakat Tionghoa di Kampung Ketandan Yogyakarta. Lingkungan atau kampung yang berada di sekitar Kampung Ketandan merupakan kampung yang dipadati penduduk asli Yogyakarta, namun sampai saat ini belum pernah ada masalah serius yang melibatkan antara masyarakat Tionghoa dan masyarakat asli Yogyakarta yang berada di Kampung Ketandan. Proses akulturasi banyak berkenaan dengan usaha menyesuaikan diri dan menerima polapola serta aturan-aturan komunikasi dominan yang ada pada masyarakat pribumi atau asli Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis data menggunakan wawancara dengan tokoh masyarakat di Kampung Ketandan Yogyakarta yang merupakan keturunan Tionghoa dan warga asli Yogyakarta yang bekerja di Kampung Ketandan Yogyakarta. Penelitian ini juga melakukan teknik observasi untuk melihat kenyataan yang ada di lingkungan Kampung Ketandan Yogyakarta. Kemudian pada akhirnya akan dianalisis menggunakan teori komunikasi interpersonal dan komunikasi antarbudaya. Hasil analisis dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Proses komunikasi interpersonal antarbudaya yang terjadi di Kampung Ketandan Yogyakarta antara masyarakat keturunan Tionghoa dengan warga asli meliputi empat tahap, yaitu: (a) penyampaian pesan dilakukan secara langsung. (b) bahasa, sistem pengetahuan dan sistem pekerjaan sebagai media. (c) timbulnya umpan balik. (d) gangguan yang menimbulkan potensi konflik. Kata kunci: Proses Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Komunikasi Antarbudaya, Masyarakat Tionghoa, Warga Asli Yogyakarta, Kampung Ketandan Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Proses Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Komunikasi Antarbudaya, Masyarakat Tionghoa, Warga Asli Yogyakarta, Kampung Ketandan Yogyakarta.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Jan 2020 02:34
Last Modified: 29 Jan 2020 02:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21236

Actions (login required)

View Item View Item