INGRID, FELISIA (2019) BODY SHAMING PADA PUBLIC FIGURE PEREMPUAN DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. S1 thesis, UAJY.
Text
KOM05787.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Pengguna media sosial di Indonesia menurut APJI telah mencapai 87,13%. Beberapa media sosial yang tersedia salah satunya media sosial Instagram. Tahun 2018 pengguna media sosial Instagram telah mencapai 1 miliar, yang mana Instagram juga tidak memiliki batasan apa pun untuk mengaksesnya termasuk public figure perempuan. Fitur-fitur yang disajikan oleh Instagram sangat memungkinkan penggunanya untuk bebas mengekspresikan dirinya. Namun, munculnya mitos yang kuat mengenai standar kecantikan dan tubuh ideal membuat masyarakat masih meyakini hal tersebut terhadap perempuan. Realitasnya, perempuan khususnya public figure perempuan rentan mengalami body shaming di media sosial Instagram. Salah satu public figure tersebut yaitu Sheryl Sheinafia. Berawal dari kasus yang terjadi pada Sheryl, membuat peneliti tertarik untuk meneliti body shaming pada public figure perempuan pada akun media sosial Instagram Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian pada akun media sosial Instagram Sheryl Sheinafia, bahwa secara keseluruhan Sheryl Sheinafia mengalami body shaming. Hal tersebut dibuktikan melalui bentuk-bentuk komentar netizen, juga tanggapan-tanggapan Sheryl Sheinafia secara langsung di akun media sosial instagramnya. Kata kunci: Body shaming, public figure perempuan, media sosial Instagram.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Body shaming, public figure perempuan, media sosial Instagram. |
Subjects: | Komunikasi > Kajian Media |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 03:29 |
Last Modified: | 29 Jan 2020 03:29 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21250 |
Actions (login required)
View Item |