POLA KOMUNIKASI MAHASISWA BERBEDA WANGSA DI YOGYAKARTA (STUDI DESKRIPTIF ADAPTASI MAHASISWA BEDA WANGSA DALAM KOMUNITAS KMHD MAHATMA DI UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA)

DEWI, IDA AYU SINTA (2019) POLA KOMUNIKASI MAHASISWA BERBEDA WANGSA DI YOGYAKARTA (STUDI DESKRIPTIF ADAPTASI MAHASISWA BEDA WANGSA DALAM KOMUNITAS KMHD MAHATMA DI UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM 05616.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pola komunikasi antarbudaya dalam beradaptasi antar mahaisiswa berbeda wangsa pada komunitas KMHD Mahatma di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Adaptasi adalah hal yang penting dilakukan pada lingkungan yang baru, maka anggota berbeda wangsa di KMHD Mahatma melakukan adaptasi dengan lingkungannya yang baru. Di dalam proses mereka beradaptasi mereka akan perkomuninikasi sebagai cara untuk mendekatkan diri mereka denga anggota berbeda wangsa lainnya. Cara mereka perkomunikasi dalamkomunitas KMHD Mahatma akan menimbulkan adanya proses berkomunikasi dalam beradaptasi, proses inilah yang akan membentuk terjadinya pola komunikasi dalam komunitas KMHD Mahatma. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber dalam penelitian ini berjumlah 4 orang dari Wangsa atau latar belakang yang berbeda-beda, yang terdiri dari wangsa Ksatria dan wangsa Sudra. Pola komunikasi dari komunitas KMHD Mahatma adalah pola komunikasi sirkular (circle). Pola ini disebabkan karena anggota baru berbeda wangsa pada komunitas KMHD Mahatma ini memulai adaptasi mereka dengan cara yang sama sehingga membentuk sebuah pola komunikasi. Mulai dari berkumpul dengan teman satu SMAnya, setelah itu beradaptasi dengan anggota lainnya yang berbeda sekolah, beradaptasi dengan anggota satu angkatan namun berbeda wangsa, sampai akhirnya anggota baru berbeda wangsa pada KMHD Mahatma saling memahami satu sama lain dan memiliki kesamaan yang sama

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Komunikasi Antarbudaya, Adaptasi Budaya
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Mar 2020 03:15
Last Modified: 05 Mar 2020 03:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21559

Actions (login required)

View Item View Item