KUALITAS ES KRIM YOGHURT DENGAN KOMBINASI UBI JALAR PUTIH (Ipomoea batatas L.) DAN BUAH NAGA MERAH (Hylocereus costaricensis)

Bekti, Krissy Setia (2020) KUALITAS ES KRIM YOGHURT DENGAN KOMBINASI UBI JALAR PUTIH (Ipomoea batatas L.) DAN BUAH NAGA MERAH (Hylocereus costaricensis). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Krissy Setia Bekti)
0801644 0.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
0801644 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
0801644 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)

Abstract

Pembuatan es krim yoghurt sinbiotik dilakukan sebagai inovasi baru untuk meningkatkan pemanfaatan kandungan serat pangan pada ubi jalar (Ipomoea batatas L). Kandungan serat pada ubi jalar dapat menyeimbangkan mikroflora usus, sehingga penyerapan zat gizi menjadi lebih baik dan usus lebih bersih. Penambahan bakteri probiotik yang dipilih Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium longum. Peningakatan kualitas es krim juga dilakukan dengan penambahan pewarna alami buah naga merah (Hylocereus costaricensis). Zat warna yang terdapat pada buah naga yaitu zat warna betasianin salah satu zat warna yang dapat dimanfaatkan sebagai altenatif penganti zat warna sintektik. Pembuatan es krim dengan kombinasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas es krim menghasilkan kulitas es krim sinbiotik terbaik. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan kombinasi ubi jalar putih dan buah naga merah yaitu 0:0 (K), 10:4 (A), 7:7 (B), 4:10 (C). Hasil percobaan menunjukan bahwa kombinasi ubi jalar putih dan buah naga merah berpengaruh pada kadar lemak, total padatan, PH, kadar serat, waktu leleh, overrun, dan viabilitas bakteri asam laktat, tetapi tidak memberikan pengaruh beda nyata terhadap protein, %TAT dan kadar Abu. Es krim yoghurt kombinasi A mempunyai kualitas yang paling baik dengan persen lemak 14,68 %, waktu leleh 9,62 %, overrun 43,14 %, pH 5,85 %, total asam titrasi 0,62 %, viabilitas BAL 12,6 log CFU/mL dan negatif Salmonella sp/25 gram. Es krim yoghurt B merupakan produk yang paling banyak disukai konsumen berdasarkan uji organoleptik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknobiologi > Tekno Pangan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 30 Oct 2020 03:26
Last Modified: 30 Oct 2020 03:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22288

Actions (login required)

View Item View Item