SURYANINGSIH, RINTAN (2011) SEKOLAH ALAM TINGKAT SEKOLAH DASAR DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TA12685.pdf Download (996kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TA12685.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TA12685.pdf Download (349kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TA12685.pdf Restricted to Registered users only Download (802kB) |
||
Text (Bab IV)
4TA12685.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
||
Text (Bab V)
5TA12685.pdf Restricted to Registered users only Download (849kB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TA12685.pdf Download (572kB) | Preview |
Abstract
Landasan Konseptual perencanaan dan perancangan Sekolah Alam tingkat Sekolah Dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta yang didalamnya membahas tentang sebuah tempat atau wadah untuk proses pembelajaran yang berbasis pendidikan pada tingkat Sekolah Dasar, khususnya Sekolah Alam sebagai adanya respon perbaikan mutu pendidikan di Indonesia saat ini. Fungsi utamanya adalah sebagai suatu pendidikan alternatif dengan pembelajaran memalui metoda observasi langsung di lapangan. Permasalahan yang akan diselesaikan pada rancangan Sekolah Alam tingkat Sekolah Dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah rancangan Sekolah Alam tingkat Sekolah Dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta Yogyakarta yang mampu mewadahi proses pembelajaran dua arah antara fasilitator dan siswa, melalui pengolahan tata ruang luar dan dalam dengan menggunakan pendekatan psikologi perkembangan anak. Bentuk bangunan Sekolah Alam tingkat Sekolah Dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta ini merupakan cermin dari pendekatan psikologi anak yang berkembang pada tingkat sekolah dasar yaitu pada fase late childhood, dimana perkembangannya meliputi Ingin tahu,kreatif, bebas, dinamis, aktif, dan terarah. Melalui kombinasi perkembangan psikologi anak yang diuraikan dalam tata ruang dalam dan luar diharapkan agar proses pembelajaran dua aran antara fasilitator dan siswa dapat terjalin dengan baik sehingga guru bukanlah memjadi momok seperti yang telah terjadi pada sekolah dasar pada umumnya, namun fasilitor juga dapat sebagai teman, guru sekaligus orang tua yang senantiasa mengarahkan dan membimbing.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ingin tahu,kreatif, bebas, dinamis, aktif, dan terarah |
Subjects: | Arsitektur > Lingkungan Kawasan Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 17 Jun 2013 10:55 |
Last Modified: | 17 Jun 2013 10:55 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2233 |
Actions (login required)
View Item |