SEKOLAH ALAM TINGKAT SEKOLAH DASAR DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SURYANINGSIH, RINTAN (2011) SEKOLAH ALAM TINGKAT SEKOLAH DASAR DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TA12685.pdf

Download (996kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TA12685.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TA12685.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TA12685.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)
[img] Text (Bab IV)
4TA12685.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text (Bab V)
5TA12685.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TA12685.pdf

Download (572kB) | Preview

Abstract

Landasan Konseptual perencanaan dan perancangan Sekolah Alam tingkat Sekolah Dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta yang didalamnya membahas tentang sebuah tempat atau wadah untuk proses pembelajaran yang berbasis pendidikan pada tingkat Sekolah Dasar, khususnya Sekolah Alam sebagai adanya respon perbaikan mutu pendidikan di Indonesia saat ini. Fungsi utamanya adalah sebagai suatu pendidikan alternatif dengan pembelajaran memalui metoda observasi langsung di lapangan. Permasalahan yang akan diselesaikan pada rancangan Sekolah Alam tingkat Sekolah Dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah rancangan Sekolah Alam tingkat Sekolah Dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta Yogyakarta yang mampu mewadahi proses pembelajaran dua arah antara fasilitator dan siswa, melalui pengolahan tata ruang luar dan dalam dengan menggunakan pendekatan psikologi perkembangan anak. Bentuk bangunan Sekolah Alam tingkat Sekolah Dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta ini merupakan cermin dari pendekatan psikologi anak yang berkembang pada tingkat sekolah dasar yaitu pada fase late childhood, dimana perkembangannya meliputi Ingin tahu,kreatif, bebas, dinamis, aktif, dan terarah. Melalui kombinasi perkembangan psikologi anak yang diuraikan dalam tata ruang dalam dan luar diharapkan agar proses pembelajaran dua aran antara fasilitator dan siswa dapat terjalin dengan baik sehingga guru bukanlah memjadi momok seperti yang telah terjadi pada sekolah dasar pada umumnya, namun fasilitor juga dapat sebagai teman, guru sekaligus orang tua yang senantiasa mengarahkan dan membimbing.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ingin tahu,kreatif, bebas, dinamis, aktif, dan terarah
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Jun 2013 10:55
Last Modified: 17 Jun 2013 10:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2233

Actions (login required)

View Item View Item