PENGARUH KREDIBILITAS WORD OF MOUTH TERHADAP TINGKAT KETERLIBATAN KONSUMEN (Survei terhadap Ibu Rumah Tangga pada Keikutsertaan Program Agen 1000 Sunlight Tahun 2009 di Yogyakarta)

ANVELA, ROSA FISTTY (2010) PENGARUH KREDIBILITAS WORD OF MOUTH TERHADAP TINGKAT KETERLIBATAN KONSUMEN (Survei terhadap Ibu Rumah Tangga pada Keikutsertaan Program Agen 1000 Sunlight Tahun 2009 di Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02536.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02536.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM02536.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02536.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02536.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Konsumen sebagai sasaran dari suatu produk mempunyai potensi untuk memasarkan kembali suatu produk. Pemasaran dilakukan konsumen melalui penyebaran informasi dari mulut ke mulut atau word of mouth marketing. Saat ini konsep word of mouth marketing sedang marak digunakan untuk memasarkan suatu produk. riset dari Marketing Riset Indonesia di Jakarta mengatakan bahwa word of mouth mampu mengalahkan media Above The Line (ATL). Informasi yang ditularkan konsumen dapat membangkitkan kepercayaan, baik informai yang bersifat positif maupun yang bersifat negatif. Cara penyampaian informasi yang berbeda-beda dapat menentukan kredibilitas seorang konsumen sebagai komunikator. Kredibilitas adalah seperangkat persepsi tentang kelebihan-kelebihan yang dimiliki sumber sehingga diterima dan diikuti oleh khalayak (Cangara, 1998:95). Kredibilitas komunikator dapat diukur melalui daya tarik, keterpercayaan, dan keahlian (Ohanian, 1990:19). Komunikator yang mempunyai ketiga hal tersebut dalam menyampaikan suatu pesan dapat membuat seseorang terlibat didalamnya. Keterlibatan mengacu pada persepsi konsumen tentang pentingnya atau relevansi personal suatu obyek, kejadian, atau aktivitas (Peter, 2000:82). Sebelum seseorang merasa terlibat, terlebih dahulu orang tersebut akan mengenali kebutuhannya, mencari informasi untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan, melakukan pemrosesan informasi untuk mengevaluasi alternatif yang ada, kemudian seseorang akan merasa penting atau tidak untuk mengikuti seperti yang disampaikan oleh komunikator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredibilitas word of mouth terhadap tingkat keterlibatan konsumen pada keikutsertaan program Agen 1000 Sunlight tahun 2009 di Yogyakarta ketika dikontrol oleh tingkat kepentingan konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian surve. Jenis penelitiannya yaitu penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil populasi seluruh ibu rumah tangga di daerah Serangan, Condronegaran, dan Gumuk Yogyakarta, sejumlah 728 ibu rumah tangga. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 73 ibu rumah tangga. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan teknik korelasi parsial antara variabel pengaruh Kredibilitas Agen 1000 Sunlight dengan variabel terpengaruh Tingkat Keterlibatan Ibu Rumah Tangga pada Keikutsertaan Program Agen 1000 Sunlight yang dikontrol variabel Tingkat Kepentingan Ibu Rumah Tangga terlihat bahwa kedua variabel tersebut mempunyai hubungan yang positif dan lemah. Variabel kontrol Tingkat Kepentingan Ibu Rumah Tangga memperlemah hubungan diantara kedua variabel tersebut. Hasil regresi linier berganda menunjukkan bahwa antara variabel Kredibilitas Agen 1000 Sunlight dan Tingkat Kepentingan Ibu Rumah Tangga dengan variabel Tingkat Keterlibatan Ibu Rumah Tangga pada Keikutsertaan Program Agen 1000 Sunlight mempunyai pengaruh yang positif dan lemah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kredibilitas, Tingkat Kepentingan, Tingkat Keterlibatan
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Jun 2013 13:36
Last Modified: 18 Jun 2013 13:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2293

Actions (login required)

View Item View Item