DOMESTIKASI PEREMPUAN DALAM MEDIA MASSA (Analisis Semiotik Representasi Domestikasi Perempuan Dalam Majalah Femina Edisi 28 Februari – 6 Maret 2009)

UTAMI, LUSIA SAVITRI SETYO (2009) DOMESTIKASI PEREMPUAN DALAM MEDIA MASSA (Analisis Semiotik Representasi Domestikasi Perempuan Dalam Majalah Femina Edisi 28 Februari – 6 Maret 2009). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02762.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02762.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM02762.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02762.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02762.pdf

Download (506kB) | Preview

Abstract

Majalah merupakan salah satu bentuk media yang cukup populer dan akrab dalam kehidupan sosial manusia. Femina, merupakan sebuah majalah perempuan yang sangat populer di Indonesia dan merupakan majalah asli Indonesia. Sebagai sebuah majalah perempuan, Majalah Femina banyak menampilkan topik-topik yang berhubungan dengan perempuan. Topik mengenai perempuan memang selalu menarik untuk dibahas. Masalahnya, media massa termasuk majalah tidaklah netral dalam menyajikan sesuatu tetapi mengusung ideologi yang dianutnya. Media massa tidak dapat menyampaikan suatu fakta secara utuh. Media tentu akan melakukan pemilah-milahan atas fakta dan direpresentasikan dengan menggunakan bahasa yang dianggap paling tepat untuk menggambarkannya. Oleh karena berbagai hal tersebut tidak mengherankan pula bila dalam konteks media massa secara umum masih tercermin ketidaksetaraan maupun bias gender. Salah satu persoalan ketidaksetaraan dan bias gender ini disebabkan oleh adanya stereotip mengenai pembagian kerja secara seksual yakni antara laki-laki dan perempuan. Perempuan dalam sistem pembagian kerja secara seksual cenderung selalu ditempatkan dalam wilayah domestik atau rumah tangga, dengan serangkaian kerja yang sifatnya reproduktif. Pada sisi lain, laki-laki menempati posisi di wilayah publik yang sifatnya produktif. Maka dari itu, penulis tertarik untuk melihat bagaimana representasi domestikasi perempuan yang ada dalam teks di Majalah Femina. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah semiotika Roland Barthes. Metode ini menggunakan dua tahapan proses signifikasi yaitu denotasi dan konotasi untuk melihat mitos-mitos lainnya yang dihadirkan dalam representasi domestikasi perempuan di Majalah Femina. Dari hasil proses signifikasi, selain mitos domestikasi sebagai mitos awal, didapatkan pula mitos-mitos lainnya dalam Majalah Femina, diantaranya mitos housewifization (pengiburumahtanggaan), beban kerja ganda (double burden), dominasi laki-laki, perempuan sebagai objek konsumtivisme, dan budaya instan. Di sini Majalah Femina membawa ideologi dominan yaitu ideologi patriarki dan ideologi kapitalisme. Namun, Femina juga tidak hanya menampilkan ideologi dominan, ada juga sebuah bentuk resistensi atau perlawanan dari kelas subordinat, di mana kaum perempuan yang ditampilkan dalam Majalah Femina digambarkan dapat bekerja di ruang publik dan bahkan bisa menjadi pimpinan dalam ruang publik tersebut

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jun 2013 09:14
Last Modified: 19 Jun 2013 09:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2304

Actions (login required)

View Item View Item