LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR GRAHA GERIATRI ALZHEIMER DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN HEALING ENVIRON

Avilio W, Florensia (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR GRAHA GERIATRI ALZHEIMER DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN HEALING ENVIRON. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
TA 015793.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TA115793.pdf

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TA215793.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TA315793.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TA415793.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text (BAB V)
TA515793.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TA615793.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Graha Geriatri Alzheimer merupakan fasilitas pelayanan kesehatan dan rehabilitasi yang khusus menangani lansia dan penyakit Alzheimer serta sebagai wadah pelatihan caregiver Alzheimer. Perancangan fasilitas Graha Geriatri Alzheimer menerapkan healing environment yang mendukung proses pemulihan pasien dengan memadukan unsur alam, indra dan psikologis. Unsur alam diterapkan dengan menghadirkan elemen alam pada rancangan eksterior maupun interior, unsur indra diciptakan dengan elemen alam yang dapat direspon oleh indra, dan aspek psikologis diterapkan dengan menghadirkan kegiatan-kegiatan terapeutik yang dapat membantu perkembangan psikologis pasien. Penciptaan keadaan lingkungan ini juga memperhatikan aspek fisiologis yaitu keterbatasan-keterbatasan fisik pasien lansia melalui pemilihan warna, pencahayaan, aroma, suara, dan vistas. Penerapan healing environment secara khusus pada perancangan hunian sebagai tempat pemulihan pasien memiliki konsep Home-like atau memiliki suasana seperti di rumah yang mendukung kenyamanan pasien (aspek psikologis). Perancangan tata ruang dalam yang menggunakan perabot-perabot rumah, skala hunian normal serta adanya kamar caregiver yang menyatu, organisasi ruang hunian yang membentuk kelompok-kelompok hunian, sirkulasi antar kelompok hunian, tata ruang luar yang mendukung kegiatan-kegiatan terapeutik dan pemilihan material, diharapkan dapat menstimulasi indra serta interaksi pasien.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Geriatri, Alzheimer, Healing Environment
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Mar 2021 11:06
Last Modified: 04 Mar 2021 11:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23435

Actions (login required)

View Item View Item