Pengembangan Model Persediaan Economic Order Quantity (EOQ) dengan Memperhatikan Aspek Emisi Karbon, Imperfect Product, Backordering dan Discount

Christata, Bellachintya Reira (2021) Pengembangan Model Persediaan Economic Order Quantity (EOQ) dengan Memperhatikan Aspek Emisi Karbon, Imperfect Product, Backordering dan Discount. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Bellachintya Reira Christata)
1956030311.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
1956030313.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
1956030314.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text
1956030315.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
1956030316.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)

Abstract

Sistem persediaan memiliki peranan penting dalam jalannya suatu perusahaan. Perusahaan akan dihadapkan dengan gangguan, dan kendala apabila tidak menentukan suatu kebijakan persediaan dengan baik. Selama ini belum ada model matematis untuk menyelesaikan permasalah penentuan jumlah optimum pemesanan menggunakan kebijakan EOQ dengan memperhatikan dampak lingkungan yaitu emisi karbon yang dikeluarkan, produk cacat, backorder, serta pemberian diskon secara simultan. Penelitian ini mengembangkan model persediaan dengan mempertimbangkan produk cacat, backorder, pemberian diskon dan pajak emisi karbon. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai optimal pemesanan yang meminimalkan biaya. Penelitian ini menampilkan beberapa contoh numerik dengan beberapa kasus, dengan bantuan aplikasi Maple 17. Pada penelitian ini melakukan beberapa langkah antara lain pengembangan model, pengujian model dengan uji concavity, serta implementasi model dalam contoh numerik, serta analisis sensitivtas. Penelitian ini dibagi menjadi 4 pengembangan model yaitu model EOQ carbon emission dengan full backorder dengan mempertimbangkan diskon, dan tidak mempertimbangkan diskon, serta model EOQ carbon emission dengan partial backorder dengan mempertimbangkan diskon, dan tidak mempertimbangkan diskon. Contoh numerik pada penelitian ini mendapatkan hasil bahwa pemberian diskon memberikan total biaya minimum akan tetapi tidak menjamin total emisi minimum. Analisis sensitivitas juga menunjukan bahwa total emisi tidak memiliki sifat sensitif terhadap perubahan diskon yang diterapkan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model EOQ, Emisi Karbon, Backorder, All Unit Discount.
Subjects: Magister Teknik Industri > Business Analytics
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 05 Mar 2021 09:30
Last Modified: 08 Mar 2021 21:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23448

Actions (login required)

View Item View Item