KORELASI TINGKAT LITERASI DIGITAL PENGGUNA FACEBOOK DENGAN DERAJAT KEPERCAYAAN SEBUAH INFORMASI PENGGUNA FACEBOOK BERUSIA 18-44 TAHUN

Rahmasari, Rosiana Dini (2021) KORELASI TINGKAT LITERASI DIGITAL PENGGUNA FACEBOOK DENGAN DERAJAT KEPERCAYAAN SEBUAH INFORMASI PENGGUNA FACEBOOK BERUSIA 18-44 TAHUN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Rosiana Dini Rahmasari)
160958901.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
160958902.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
160958903.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)

Abstract

Berada dalam era internet mempermudah manusia untuk melakukan berbagai hal, salah satunya adalah mendapatkan informasi. Informasi bisa didapatkan dengan lebih mudah entah itu melalui mesin pencarian maupun media sosial. Hanya dengan membubuhkan kata kunci, seseorang dengan mudah mendapatkan informasi yang diinginkan. Banyaknya informasi yang beredar di media sosial menjadikan seseeorang terus menerus terpapar informasi baik itu informasi yang bermanfaat maupun informasi palsu atau berita bohong. Banyaknya berita bohong yang beredar menjadi sebuah petanda bahwa pengguna media sosial harus dapat menggunakan media dan juga memiliki pemahaman dan pengetahuan mengenai literasi digital. Sehingga nantinya seseorang dapat menaruh kepercayaan pada sebuah media ataupun informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi tingkat literasi digital pengguna Facebook dengan derajat kepercayaan informasi di Facebook. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Sampel dari penelitian ini adalah pengguna aktif media sosial Facebok yang berusia 18-44 tahun yang berjumlah 204 orang. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan jumlah pertanyaan sebanyak 38, yang telah diuji baik validitas maupun reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi pearson product moment untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Terdapat hubungan antara literasi digital pengguna Facebook dengan derajat kepercayaan informasi di media sosial Facebook serta kedua variabel ini berkolerasi positif ; (2) Tingkat literasi digital pengguna Facebook pada penelitian ini berada pada kategori tinggi ; (3) Derajat kepercayaan pada informasi di media sosial Facebook pada penelitian ini berada pada tingkat yang sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: literasi digital, derajat kepercayaan, Facebook
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Mar 2021 13:50
Last Modified: 05 Mar 2021 13:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23461

Actions (login required)

View Item View Item